Tragis, Laba Bersih Petronas Terjun Bebas 96 Persen

Petronas
Sumber :
  • REUTERS/Samsul Said

VIVA.co.id – Perusahaan-perusahaan minyak di dunia terus menjadi korban rendahnya harga minyak mentah tahun ini. Salah satu yang mengenaskan adalah yang terjadi pada Petroliam Nasional Bhd atau Petronas, perusahaan migas asal Malaysia. 

Sri Mulyani Targetkan Investasi Hulu Migas Rp 223,3 Triliun

Dilansir dari Business Insider, Selasa, 23 Agustus 2016, pada kuartal ke II tahun ini, diumumkan laba perusahaan turun hingga 96 persen. Merosot tajam dari periode yang sama tahun sebelumnya. 

Laba bersih perusahaan tercatat dalam tiga bulan sampai Juni yaitu sebesar RM348 juta. Pada periode yang sama tahun lalu laba bersih tercatat RM9,1 miliar. Perusahaan pun mengumumkan pendapatan turun 21 persen menjadi RM48,4 miliar pada periode yang sama. 

Ketidakpastian Ekonomi Tinggi, Harga Minyak Dunia Bervariasi dan di Bawah US$80 Per Barel

"Paruh pertama 2016 tetap sulit bagi Petronas," kata Chief Executive Officer Wan Zulkiflee Wan Ariffin  di Kuala Lumpur. 

Awal tahun ini Petronas merombak struktur bisnis dan mengakibatkan sekitar 1.000 pekerja harus mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Harga Minyak Tergelincir Usai Stok Melimpah dan Dolar AS Menguat

PHK yang dilakukan diperkirakan akan terus berlanjut tanpa ada target tertentu. Wan Zulkiflee juga mengatakan, Petronas berencana menurunkan belanja modal sebanyak RM20 miliar pada 2016, dan selama empat tahun ditargetkan pengurangan itu mencapai RM50 miliar.

Industri hulu migas (ilustrasi)

Dukung Peningkatan Kapasitas Nasional Lewat Industri Hulu Migas, IDSurvey Siap Beri Dampak Positif

IDSurvey sebagai Holding BUMN Jasa Survei turut serta dalam pameran Forum Kapasitas Nasional III 2023. Diharapkan bisa mendukung industri migas nasional.

img_title
VIVA.co.id
24 November 2023