Delapan Ciri Umum Miliarder Dunia

Warren Buffett, miliarder saham terkenal
Sumber :
  • REUTERS/Jim Young

VIVA.co.id – Di dunia ini tercatat ada 2.473 miliarder, yang memiliki kekayaan lebih dari satu miliar dolar Amerika Serikat. Berdasarkan penelitian firma Wealth-X ada delapan ciri umum yang dimiliki orang para miliarder ini.

Kunci Sukses Berbisnis Orang Terkaya ke-6 di RI Chairul Tanjung

Dilansir CNBC, Selasa 30 Agustus 2016, seluruh miliarder dunia ini mengontrol kekayaan dunia berjumlah US$7,7 triliun atau 102 ribu triliun (kurs Rp13.250). Lalu seperti apa tipe karakteristik para miliarder ini berdasarkan laporan Wealth-X?

1. Mayoritas adalah laki-laki

Bos Louis Vuitton Jadi Orang Terkaya Dunia, Segini Hartanya

Berdasarkan catatan Wealth-X ada 2.179 miliarder pria, sementara miliarder wanita hanya berjumlah 294 orang. Dari 148 miliarder baru yang muncul tahun ini, sebanyak 140 miliarder adalah pria.

"Kekayaan yang dimiliki oleh miliarder pria juga meningkat, sekarang bernilai 88,6 persen dari total kekayaan," demikian laporan Wealth-X.

Banyak Miliarder Dunia Ternyata Pemilik 4 Zodiak Ini

2. Mereka adalah wirausahawan

Baik miliarder pria maupun wanita adalah seorang wirausahawan. Mereka mengusahakan kekayaannya sendiri. Para miliarder adalah seorang inovator, ahli teknologi, muda dan mampu mengumpulkan kekayaan yang cukup besar dalam waktu singkat dengan melibatkan klien melalui saluran digital mereka. Ciri ini dimiliki oleh miliarder seperti pendiri Uber, Travis Kalanick, dan pendiri Airbnb, Brian Chesky.  

3. Mereka menciptakan kekayaannya

Faktanya 57 persen miliarder menghasilkan kekayaannya sendiri, meningkat tujuh persen dari 2014. Jumlah ini bertolak belakang dengan jumlah miliarder dari hasil warisan kekayaan, yang turun 29 persen sejak 2014.

4. Mereka cenderung memiliki gelar sarjana

Sekitar 70 persen miliarder memiliki gelar sarjana. Hanya sedikit yang melanjutkan pendidikan formal setelah perguruan tinggi.

Sekitar 20 persen memiliki gelar master, 13 persen memiliki gelar master administrasi bisnis, 10 persen miliarder mendapat gelar profesor doktor, dan tiga persen memiliki pendidikan rendah, dan kurang dari satu persen memiliki pendidikan di bidang kedokteran.

5. Mereka biasanya berusia sekitar 60 tahun

Rata-rata para miliarder pria berusia 63,2 tahun, sedangkan usia miliarder wanita 62,2 tahun.

6. Mereka umumnya sudah menikah

Lebih dari 85 persen miliarder sudah menikah, dan rata-rata memiliki tiga anak. Akan tetapi tingkat pernikahan untuk miliarder perempuan lebih kecil hanya 62 persen dibanding dengan 88 persen miliarder pria.

7. Mereka suka berdema

"Filantropi adalah hasrat utama di antara miliarder global. Lebih dari 56 persen total miliarder, baik melakukan atau tertarik dalam mengejar kegiatan filantropi.

Ambil contoh pendiri dan CEO Bloomberg Media, Michael Bloomberg, yang mendonasikan US$4,3 miliar selama hidupnya. Warren Buffett dan Bill and Melinda Gates menyumbangkan setengah dari kekayaan mereka untuk amal. Beberapa miliarder bahkan telah berjanji memberikan lebih dari 99 persen dari kekayaan mereka.

8. Mereka juga menikmati wisata dan seni

Selain filantropi, kegiatan paling populer para miliarder adalah berwisata dan seni. Sebanyak 31 persen miliarder hari ini menyatakan berwisata sebagai gairah, sedangkan 29 persen menyukai seni.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya