Hasil Tebusan Baru 1,6 Persen, Menkeu: Kasih Semangat Saya

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • REUTERS/Beawiharta

VIVA.co.id – Partisipasi Wajib Pajak (WP) luar negeri terhadap program kebijakan pengampunan pajak atau tax amnesty sampai akhir Agustus 2016 masih relatif rendah. Bahkan, kontribusi WP luar negeri justru kalah jauh dengan kontribusi yang berasal Wajib Pajak dalam negeri.

Kemenkeu Tegaskan Tidak Akan Ada Program Pengampunan Pajak Lagi

Menanggapi hal tersebut, Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menegaskan, program tax amnesty masih akan berlangsung hingga Maret tahun 2017 mendatang. Maka, masih ada potensi besar WP luar negeri yang akan mengikuti program kebijakan tersebut.

“Ini (program tax amnesty) masih sampai Maret. Pertanyaan kamu jangan loyo,” jelas Menkeu saat ditemui di gedung parlemen Jakarta, Selasa 30 Agustus 2016.

DJP Tegaskan Tax Amnesty Jilid II Ditegaskan Tak Langgar Aturan Pajak

Berdasarkan data statistik tax amnesty yang dikutip VIVA.co.id dari laman resmi Direktorat Jenderal Pajak, jumlah dana deklarasi yang berasal dari luar negeri hanya sebesar Rp18 triliun. Angka itu, berbanding jauh dari jumlah deklarasi yang berasal dari dalam negeri yang mencapai Rp99,4 triliun.

Sementara total dana yang telah direpatriasi, baru mencapai Rp9,6 triliun. Sehingga, total uang tebusan yang saat ini sudah masuk ke dalam kas keuangan negara baru mencapai Rp2,64 triliun atau 1,6 persen dari target yang ditetapkan sebesar Rp165 triliun.

Program PPS Pajak Berakhir, Pengusaha Harapkan Ini ke Ditjen Pajak

“Kasih semangat ke saya, supaya kami engga loyo,” kata mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu.
 

Mahfud MD Debat Cawapres Pemilu 2024

Pertanyakan Program Tax Amnesty, Mahfud MD: Enggak Jelas Hasilnya!

Calon Wakil Presiden nomor urut 3, Mahfud MD, mempertanyakan soal kejelasan program Tax Amnesty yang sempat diusung pemerintah.

img_title
VIVA.co.id
22 Desember 2023