Caplok Perusahaan Prancis, Langkah Pertamina Diapresiasi

Anggota Komisi VII DPR Kurtubi.
Sumber :

VIVA.co.id – Anggota Komisi VII DPR dari fraksi Nasdem, Kurtubi, mengapresiasi upaya PT Pertamina (Persero) dalam mengakuisisi perusahaan migas asal Prancis, Maurel et Prom (M&P) milik Pacifico. 

Dukung Peningkatan Kapasitas Nasional Lewat Industri Hulu Migas, IDSurvey Siap Beri Dampak Positif

Karena, dibeli ketika harga saham sedang jatuh, Kurtubi menyebut, hal itu akan sangat menguntungkan Pertamina.

“Bagus itu. Saat ini, memang waktu yang tepat untuk melakukan ekspansi dengan membeli perusahaan minyak yang mempunyai lapangan minyak (onshore), karena bisa dilakukan dengan biaya sangat murah," ujar Kurtubi dalam rapat Komisi VII DPR RI, di Gedung DPR RI Senayan, Jakarta, Selasa 6 September 2016.

Sri Mulyani Targetkan Investasi Hulu Migas Rp 223,3 Triliun

Kurtubi mengingatkan, kemampuan Pertamina seharusnya memang diarahkan untuk memperkuat ketahanan energi nasional. Salah satunya adalah dengan cara melakukan investasi ekspansi di luar negeri, guna mencari lapangan minyak yang masih produktif.

"Jangan lupa, ke depan harga minyak pasti akan kembali naik,"tambahnya

Airlangga Minta Industri Migas Maksimalkan Teknologi Hijau

Dia menilai, jika Pertamina cermat dalam mengoptimalkan upaya ini, hal tersebut akan memperkuat persediaan minyak mentah di dalam negeri.

Karenanya, lanjut Kurtubi, langkah Pertamina mengakuisisi 24,5 persen Maurel et Prom memang harus didukung. Apalagi, dalam kondisi di mana produksi lapangan minyak di dalam negeri saat ini sedang anjlok.

"Saya setuju dengan upaya Pertamina. Karena, Pertamina memang perlu mencari kompensasi back up minyak mentah yang diolah di dalam negeri,, melalui kepemilikan di lapangan-lapangan minyak di luar negeri," ungkapnya.

Laporan: Mohammad Yudha Prasetya (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya