Harga Minyak Turun Sambil Menanti Hasil OPEC

Ladang minyak/Ilustrasi.
Sumber :
  • CNBC

VIVA.co.id – Harga minyak turun dua persen pada perdagangan Selasa atau Rabu WIB. Keraguan pelaku pasar terhadap kesepakatan antara atas dua produsen dunia untuk mengatasi banjir pasokan menjadi pendorong pelemahan. 

Harga Minyak Jatuh Dipicu Harapan Kemajuan Negosiasi Rusia-Ukraina

Dilansir dari CNBC, Rabu 7 September 2016, Arab Saudi dan Rusia setuju untuk bekerja sama di pasar minyak dunia. 

Pada Selasa, minyak mentah Brent diperdagangkan 27 sen lebih rendah menjadi US$47,36 per barel.  Minyak mentah AS untuk penjualan Oktober, berada di US$44,91, naik 47 sen atau 1,06 persen.

Hari Terburuk Harga Minyak Sejak Pandemi, Dunia Resah

Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan produsen non-OPEC, seperti Rusia, akan mengadakan pembicaraan informal Aljazair pada 26-28 September.  

Banyak pelaku pasar skeptis kesepakatan akan terjadi.  Dalam pertemuan tersebut akan dibuat sebuah kesepakatan yang akan mengontrol harga minyak.

Harga Minyak Dunia Sempat Tembus Rekor US$130 per Barel

"Sepertinya kami telah menemukan kisaran harga baru di US$40-an dan pasar sangat sensitif terhadap setiap  kemungkinan pembekuan produksi," kata Gene McGillian, Analis Senior Tradition Energy di Stamford, Connecticut.

Pada hari Selasa,  Sekretaris Jenderal OPEC Mohammed Barkindo bertemu Menteri Perminyakan Iran Bijan Zanganeh di Teheran. 

Setelah pertemuan tersebut, Zanganeh mengatakan ia akan mendukung setiap tindakan untuk menstabilkan harga minyak mentah dikisaran US$50- US$60 per barel.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya