Pidato Anggota The Fed Buat Saham Asia Menghijau

Para pejalan kaki melintas di depan papan indeks Bursa Saham Tokyo
Sumber :
  • AP Photo/Shuji Kajiyama

VIVA.co.id – Pasar saham Asia pada awal perdagangan Selasa, 13 September 2016 dibuka menghijau. Indeks kembali menguat setelah pidato Gubernur Federal Reserve Lael Brainard, mengambil sikap dovish yang lembut dan pro terhadap pasar, sehingga membuat laju pasar ekuitas AS lebih tinggi.

Sepekan Perdagangan Saham, Kapitalisasi Pasar Naik dan IHSG Menguat

Dilansir dari CNBC, Selasa 13 September 2016, Indeks saham Nikkei 225 diperdagangkan naik 0,2 persen, setelah Senin ditutup lebih rendah 1,73 persen. Kemudian, Indeks Kospi Korea Selatan naik sebesar 0,61 persen.

Kemudian, untuk Indeks saham Australia ASX 200 juga tercatat mengalami kenaikan sebesar 0,57 persen, setelah pada pembukaan naik satu persen dari sebelumnya. Indeks ASX 200 banyak ditopang saham sektor bahan naik 0,94 persen dan sektor energi turun 0,65 persen.

Sepekan Perdagangan, Kapitalisasi Pasar Bursa dan IHSG Naik

Brainard mengungkapkan dirinya tetap khawatir tentang dampak yang terjadi pada ekonomi global, sehingga bisa mempengaruhi ekonomi AS. Sehingga dirinya memperingatkan terkait naiknya suku bunga AS yang mendaki terlalu cepat.

Sementara itu, Direktur Riset untuk CBIZ mengatakan ada sedikit kelegaan di pasar setelah seorang pejabat The Fed menyatakan sikap dovish. Namun, kegelisahan umum dalam pasar tersebut masih akan tetap terjadi terutama terkait efektivitas kebijakan bank sentral. 

45 ETF Tercatat di Bursa Efek Indonesia, Terbanyak di ASEAN

Meningkatnya, saham asia pada pembukaan Selasa pagi terlihat dari data Samsung Electronics yang sahamnya rebound sebesar 4,3 persen. Padahal pada senin kemarin alami kerugian dari 7 persen atau senilai 16 triliun won atau US$14,3 miliar.

Sedangkan, The Fortescue Metals pada ASX terdaftar naik 4,04 persen, setelah perusahaan mengumumkan akan membayar US$700 juta pinjaman jangka 2019, serta menghemat bunga tahunan senilai sekitar US$26 juta.

Gedung IDX, Indonesia Stock Exchange (Bursa Efek Indonesia)

Sepekan, Rata-rata Nilai Transaksi Harian di BEI Melonjak 20 Persen

Namun, IHSG pada periode 3-7 Agustus 2020 itu ditutup melemah.

img_title
VIVA.co.id
9 Agustus 2020