Jokowi Minta Menteri Kabinet Kerja Kejar Tiga Hal Ini

Terminal Peti Kemas Kalibaru
Sumber :
  • VIVA.co.id/Fikri Halim

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo pada hari ini, Selasa 13 September 2016, meresmikan pengoperasian Terminal Petikemas Kalibaru Pelabuhan Utama Tanjung Priok. Dalam kesempatan ini, Jokowi menekankan tiga hal penting kepada para menterinya.

Cara Perusahaan Logistik Maksimalkan Kinclongnya Transaksi E-Commerce

"Di era kompetisi seperti sekarang, kita tidak boleh menjadi penonton. Kita harus buat ekonomi semakin berdaya saing dan kompetitif," ujar Jokowi, sapaan akrab Joko Widodo dalam sambutannya di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu pun menekankan tiga hal penting kepada para jajarannya, untuk mencapai hal tersebut. Pertama, yakni fokus terhadap sektor-sektor unggulan, yang selama ini berpotensi untuk terus dikembangkan.

Resmi Beroperasi, Dua Pusat Logistik Harapan Baru Ekonomi Nasional

"Kedua, percepatan infrastruktur. Termasuk, pelabuhan bandara, jalan tol," katanya.

Menurut Presiden, percepatan pembangunan infrastruktur merupakan salah satu upaya pemerintah dalam menurunkan biaya logistik. Apabila dibandingkan dengan negara tetangga, biaya logistik Indonesia saat ini memang masih relatif tinggi.

Inovasi Jasa Logistik, Krowrier Ajak Commuter Raih Penghasilan Tambah

"Biaya kita, 2-2,5 kali lebih mahal dari negara tetangga. Mahal sekali. Entah banyak pungli (pungutan liar), atau karena proses," tegasnya.

Sementara yang terakhir, kembali ditegaskan Jokowi, yakni pemangkasan prosedur yang selama ini membelit, dengan deregulasi peraturan-peraturan yang dalam beberapa bulan terakhir dituangkan dalam paket kebijakan pemerintah.

"Kita akan pangkas semua dalam rangka persaingan. Salah satunya juga dwelling time (waktu bongkar muat)," jelasnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya