Pelonggaran Tax Amnesty 'Obat Kuat' Rupiah Pekan ini

uang rupiah.
Sumber :
  • U-Report

VIVA.co.id – Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) di awal pekan hari ini, diproyeksi akan melanjutkan penguatannya. Terdorong sentimen positif dari dalam maupun luar negeri.

Rupiah Ambruk Pagi ini ke Rp 15.841 per Dolar AS

"Kini rupiah mencoba untuk bergerak menguji target batas atas di area Rp13.057 dan target batas bawah Rp13.120 per dolar AS," ujar Analis NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada kepada VIVA.co.id, Senin 26 September 2016.

Reza mengungkapkan, dari sisi global sentimen positif itu berasal dari bank sentral Amerika serikat (The Fed), yang mempertahankan tingkat suku bunganya.

Rupiah Stagnan di Rp 15.800 per Dolar AS

Sementara itu dari dalam negeri, perpanjangan masa administrasi, tax amnesty atau pengampunan pajak tahap pertama memberikan angin segar bagi para investor.  Seperti diketahui, para pengusaha meminta perpanjangan tahap pertama karena tarif tebusan yang dipatok paling murah dibanding tahap dua dan tiga, yaitu dua persen.

"Banyak pengusaha yang masih ingin mendaftarkan dirinya untuk melaporkan sejumlah aset. Namun, terkendala oleh proses administrasi," tuturnya.

Rupiah Senin Pagi Menguat Terdorong Suntikan Dana Bank Sentral China

Berdasarkan Kurs Referensi Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (Jisdor), Bank Indonesia, rupiah menguat pada akhir pekan lalu ke level Rp13.098 per dolar. Pada awal pekan lalu dolar tercatat dipatok senilai Rp13.164. 

Lembaran mata uang rupiah dan dolar AS di Jakarta.

Rupiah Tumbang ke Level Rp 15.884 per Dolar AS

Nilai tukar rupiah terhadap dolar AS di pasar spot melemah pada perdagangan Kamis pagi, 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024