Hujan Deras Belum Sampai Ganggu Harga Bahan Pangan

ilustrasi pedagang pasar di Jakarta.
Sumber :
  • Rebecca Reifi Georgina - VIVA.co.id

VIVA.co.id – Perubahan iklim – yang terjadi dengan intensitas curah hujan yang cukup banyak – belum berdampak pada harga sejumlah kebutuhan pangan. Pantauan viva.co.id, Selasa 27 September 2016, di Pasar Mampang Prapatan, harga sayur-mayur seperti kol, kentang, sawi relatif stabil sejak pasca Lebaran Idul Adha. 

Mengenal Apa Itu Leptospirosis, Penyakit yang Harus di Waspadai Ketika Musim Hujan

"Sampai saat ini harga sayuran masih sama dari sejak habis Lebaran Idul Adha. Musim hujan ini belum kelihatan dampaknya pada harga sayuran," kata Parna (23) pedagang sayur di Pasar Mampang. 

Harga sayuran yang masih stabil adalah sawi hijau Rp7.000 per kilogram (kg), daun bawang Rp22 ribu, kacang panjang Rp12 ribu dan kol diharga Rp6.000 per kg. 

Viral Video Kamar Hotel Bocor Sampai Banjir, Netizen: Lumayan Dapet Warteboom

"Harga bawang merah juga tetap bertahan diharga Rp40 ribu per kilogram, sementara harga cabai merah keriting turun dari hari sebelumnya Rp32 ribu menjadi Rp30 ribu," kata Hari Santoso (28) pedagang sayur. 

Untuk harga cabai rawit turun dari Rp70 ribu per kilogram menjadi Rp30 ribu per kg. "Tapi harga turun ini bukan karena musim hujan, biasanya harga cabai suka naik turun nggak tentu," ujarnya.

5 Tips Ampuh Tetap Sehat dan Cegah Penyakit Saat Musim Hujan Melanda

Data Badan Metreologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebutkan bahwa perkiraan musim hujan pada tahun 2016 dimulai pada Agustus hingga November, dengan intensitas sangat deras dan berpotensi menimbulkan bencana. Dengan demikian, komoditas hasil petani pun dapat terancam gagal panen, seperti sayuran.
 
(ren)

Banjir dan Bahaya Leptospirosis

Waspada Leptospirosis di Musim Hujan dan Banjir: Kenali Gejalanya Segera!

Leptospirosis memiliki gejala yang beragam dan dapat menyerupai penyakit lain, sehingga sering kali sulit untuk didiagnosis, demam tinggi, nyeri otot, sakit kepala

img_title
VIVA.co.id
26 Maret 2024