OPEC Perketat Produksi, Harga Minyak Turun

Ladang minyak/Ilustrasi.
Sumber :
  • CNBC

VIVA.co.id –Harga minyak dunia, sedikit melemah pada penutupan perdagangan Selasa, atau Rabu dini hari WIB, dipicu pertemuan negara-negara eksportir minyak (OPEC) yang akan memperketat produksi.

Harga Minyak Tergelincir Usai Stok Melimpah dan Dolar AS Menguat

Dilansir dari laman CNBC, Rabu 5 Oktober 2016, harga minyak mentah Brent turun 14 sen menjadi US$50,75 per barel.

Sementara itu, harga minyak mentah berjangka West Texas Intermediate (WTI) AS, turun 25 sen menjadi US$48,56. 

Rupiah Menguat Hari Ini Dipicu Anjloknya Harga Minyak Dunia

"Kesepakatan OPEC terlihat seperti udara panas, tetapi minyak masih sangat teknis untuk didorong kembali menguat," kata Stig Rasmussen, pedagang dari Danske Komoditas di Aarhus, Denmark.

Minyak telah naik lebih dari 10 persen dalam lima sesi, sejak OPEC memberi harapan bahwa anggotanya dan produsen minyak utama lainnya akan memberikan kontribusi untuk membatasi produksi. 

Harga Minyak Jatuh Dipicu Harapan Kemajuan Negosiasi Rusia-Ukraina

Kantor berita Rusia Interfax, melaporkan Menteri Energi Rusia Alexander Novak mengatakan bahwa para ahli dari Rusia dan Arab Saudi, akan menentukan tanggal untuk pertemuan kementerian energi 'dalam waktu dekat.

Perkiraan analis, target OPEC adalah untuk membawa produksi antara 32,5 juta dan 33,0 juta barel per hari, dengan memotong sekitar 700 ribu barel per hari. (asp)

Pengeboran Minyak Lepas Pantai Pertamina.

Ketidakpastian Ekonomi Tinggi, Harga Minyak Dunia Bervariasi dan di Bawah US$80 Per Barel

Harga minyak mentah jenis Brent berjangka naik 17 sen atau 0,2 persen, menjadi ke level US$79,52 per barel, sedangkan harga WTI turun 3 sen menjadi US$74,22 per barelnya.

img_title
VIVA.co.id
7 Desember 2022