Harga Makin 'Pedas', Cabai Dipantau Khusus

Cabai.
Sumber :
  • Pixabay

VIVA.co.id – Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan, bahwa perkembangan Indeks Harga Konsumen  atau inflasi pada September 2016 tercatat sebesar 0,22 persen. Pada bulan lalu, cabai merah menjadi satu-satunya bahan makanan yang mencatat inflasi. Sementara yang lainnya, justru mencatatkan deflasi.

Daftar Harga Pangan 3 Mei 2024: Cabai Merah, Gula hingga Daging Sapi Naik

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution menyebutkan, kondisi harga cabai dalam tiga bulan ke depan memang menjadi perhatian khusus bagi pemerintah. Menurut Darmin, perubahan musim menyebabkan produksi cabai mengalami tekanan.

“Kalau pangan musim hujan apa yang masalah? Cabai. Kenapa? Karena cabai kalau datang hujan, pasirnya busuk, bunganya rontok,” ungkap Darmin saat ditemui di gedung parlemen Jakarta, Rabu 5 Oktober 2016.

Daftar Harga Pangan 2 Mei 2024: Cabai Merah hingga Gula Naik

Menurut Darmin, bukan hal mudah untuk menstabilisasi harga cabai di tingkat pasaran, di tengah kondisi produksi yang tersendat karena faktor musim. Meski begitu, mantan Gubernur Bank Indonesia itu akan tetap melakukan berbagai upaya untuk menstabilisasi harga cabai.

“Masalahnya, cabai ini mau diimpor juga tidak ada (negara) yang menghasilkan banyak seperti kita. Jadi kita berusaha mendorong saja orang yang menanam, menanamnya di lereng, sehingga dampak hujannya tidak besar,” katanya.

Daftar Harga Pangan 30 April 2024: Cabai Merah, Daging Sapi hingga Gula Naik Lagi

Sementara mengenai komoditas beras, Darmin menegaskan bahwa posisi beras untuk tiga bulan ke depan dalam posisi aman. Artinya, tidak ada yang perlu dikhawatirkan, baik dari sisi produksi maupun distribusinya kedepan.

“Kalau beras kami tidak masalah. Tapi harga cabai ini agak goyang-goyang sedikit,” ujarnya.

Wakil Ketua Komisi X DPR RI Dede Yusuf

DPR Sindir Kenaikan UKT di Sejumlah PTN Menyesuaikan Harga Cabai dan Telur

Wakil Ketua Komisi X DPR mengkritik keras soal kebijakan kenaikan UKT yang terjadi di beberapa perguruan tinggi negeri (PTN) menyesuaikan harga cabai dan telur.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024