Bangun PLTG di Banten, Australia Suntik Belasan Triliun

Kerja sama investasi antara RI dan Australia.
Sumber :

VIVA.co.id – Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Pemerintah Provinsi Banten, PT Banten Global Development (BGD), menandatangani kerja sama, atau memorandum of understanding (MoU) dengan Australia Indonesia Business Council (AIBC).

Darmawan Prasodjo Raih Green Leadership Utama Award, PLN Pecah Rekor Borong 20 Proper Emas KLHK 2023

Kerja sama ini, terkait investasi pembangunan kawasan industri terintegrasi seluas 700 hektare di daerah Kohod dan Tanjung Burung, yang berlokasi di mulut sungai Cisadane, Banten. 

Investasi yang dikeluarkan senilai US$1,3 miliar, atau Rp16,9 triliun untuk membangun pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) 3 x 450 Megawatt (MW). Proyek ini diproyeksikan akan rampung selama lima tahun ke depan.

Resmikan Plant Pertama di Indonesia, PLN Miliki Cara Paling Cepat Hasilkan Green Hydrogen

Deputi Bidang Pengendalian Pelaksanaan Penanaman Modal Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Azhar Lubis menyatakan, kerja sama ini penting. Dalam upaya mendorong ekonomi di daerah tersebut dan akhirnya bisa mendorong ekonomi secara nasional.

"Nota kesepahaman ini dapat berdampak positif terhadap peningkatan aliran penanaman modal dari Australia," ucap Azar di kantor BKPM Jakarta, berlangsungnya penandatanganan MoU pada Senin 10 Oktober 2016.

PLN IP Ungkap PLTU Suralaya Kelola Emisi Hampir 100 Persen di 5 Tahun Terakhir

Selain itu, lanjut dia, listrik yang dihasilkan dari pembangkit listrik tersebut diharapkan turut berkontribusi untuk memenuhi program pemerintah yaitu pembangunan pembangkit listrik 35 giga watt.

Kepemilikan dari proyek tersebut, nantinya akan dipegang oleh BGD, selaku BUMD bersama mitra mereka perusahaan Indonesia. Sementara itu, AIBC akan mengoordinasikan beberapa perusahaan swasta Australia sebagai investor. (asp)

Apel Siaga Kelistrikan Nasional di PLTGU Gresik

PLN Siapkan Kesiapan dan Keandalan Listrik untuk Lebaran 1445 H

Darmawan Prasodjo, Direktur Utama PT PLN (Persero), secara langsung memimpin persiapan dan keandalan pasokan listrik menjelang Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

img_title
VIVA.co.id
7 April 2024