Dwelling Time Sesuai Keinginan Jokowi Akhir Tahun Ini

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA.co.id – Presiden Joko Widodo menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk menekan waktu bongkar muat, atau dwelling time menjadi 2,5 hari. Bahkan, Jokowi tidak segan-segan mencopot jabatan penyelenggara negara terkait, apabila waktunya tidak bisa ditekan dari posisi saat ini.

BPJT Pede Tol Cibitung-Cilincing Pangkas Dwelling Time Tanjung Prio

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, usai rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian menegaskan, pemerintah bersama para pemangku kepentingan (stakeholder), terkait tengah mengevaluasi sejumlah hambatan yang menyebabkan proses dwelling time di pelabuhan lambat.

“Kami minta kepada stakeholder pemberi izin mengevaluasi apa yang sedang dilakukan. Itu akan mempercepat waktu dwelling time,” jelas Budi, Selasa 11 Oktober 2016.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

Presiden, ditegaskan Budi, meminta agar proses waktu bongkar muat bisa ditekan hingga di bawah tiga hari. Apabila dibandingkan dengan negara seperti Singapura, dwelling time di pelabuhan Indonesia masih relatif lama. Dwelling time di pelabuhan Singapura hanya berkisar dua hari.

Mantan Direktur Utama Angkasa Pura II itu mengklaim, proses waktu bongkar muat di sejumlah pelabuhan di Surabaya dan Medan sudah bisa ditekan menjadi empat hari. Budi optimistis, akhir tahun ini waktu bongkar muat sudah sesuai keinginan Presiden.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

“Saya kira, November dan Desember (keinginan Presiden) sudah bisa terjadi. Medan dan Surabaya (dwelling time) sudah empat hari. (Tanjung Priok) juga (akhir tahun bisa dibawah tiga hari),” katanya.

Sebagai informasi, sebelumnya para menteri Kabinet Kerja bersama pemangku kepentingan terkait menyepakati proses bongkar muat di pelabuhan Jakarta bisa ditekan hingga 2,5 hari. Banyaknya pemangku yang terlibat dalam proses tersebut, memang menjadi kendala utama selama ini. (asp)

Kapal tunda melintas di antara kapal yang melakukan bongkar muat peti kemas di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara

Pangkas Waktu Sandar Kapal dan Kargo, Luhut Bakal Berantas Mafia Pelabuhan

Target pertama Luhut di pelabuhan, seluruh stakeholder di kawasan pelabuhan harus dapat meningkatkan kecepatan layanan pelabuhan dan juga manfaatkan teknologi pelabuhan. 

img_title
VIVA.co.id
27 Oktober 2022