Tiga Rute Pelayaran Logistik Ditawarkan ke Swasta

Ilustrasi tol laut.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Tudji Martudji

VIVA.co.id – Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan telah menawarkan tiga rute yang akan dibuka oleh pemerintah untuk membantu distribusi barang ke sejumlah daerah pada tahun depan dengan nilai proyek mencapai US$120 miliar.

Sopir Bus Dianjurkan Tak Berkendara Lebih dari 4 Jam saat Antar Pemudik

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat ditemui usai rapat koordinasi di Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mengungkapkan, ketiga proyek tol laut tersebut sudah diminati, yang mayoritasnya merupakan anggota Persatuan Pengusaha Pelayanan Niaga Nasional Indonesia (INSA).

Ketiga rute yang ditawarkan, di antaranya adalah wilayah Jakarta-Sumatera Barat, Surabaya-Kalimantan TImur dan Sulawesi Barat, serta Surabaya-Maluku. Budi mengakui, proses tender akan segera dilakukan, usai penyelesaian administrasi.

Begini Cara Memilih Angkutan Bus yang Laik Jalan

“Kami sedang persiapkan dokumen, tender bisa dimulai bulan depan. Tinggal kami undang saja,” kata Budi, Selasa 11 Oktober 2016.

Menurut dia, sektor swasta memang menjadi alternatif lain bagi pembentukan sektor ekonomi strategis di berbagai daerah, di tengah kas keuangan negara yang memang tidak memadai saat ini untuk menggenjot seluruh infrastruktur laut.

Layani Angkutan Lebaran Perdana, Bandara Kertajati Angkut 1.900 Orang per Hari

“Diutamakan swasta, tapi BUMN (Badan Usaha Milik Negara) juga ikut. Kami harapkan swasta yang masuk,” tutur Budi.

[dok. Direktorat Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub]

Kemenhub Tambah Kapal di Rute Panjang-Ciwandan Demi Urai Arus Balik Mudik, Catat Jadwalnya!

Langkah itu untuk membantu mengurai kepadatan lalu lintas pada arus balik mudik Lebaran 2024 di ruas penyeberangan Bakaheuni-Merak.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024