Mentan Klaim Harga Beras di Pasar Sudah Turun

Bongkar muat beras di gudang Bulog
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengungkapkan kabar gembira. Salah satunya adalah penurunan harga beras di pasaran. 

RI Sudah Impor 567,22 Ribu Ton Beras Maret 2024, Naik 921,51 Persen

Amran mengklaim bahwa harga beras di pasaran telah turun sebesar 0,9 persen. Ia mengatakan bahwa pihaknya telah melaporkan kepada Menteri Koordinator Bidang Perkonomian, Darmin Nasution terkait dengan hal tersebut. 

"Tadi kita rapat masalah pangan, ketersediaan pangan khususnya pangan strategis terutama beras. Alhamdulilah ada penurunan 0,9 persen harga beras sekarang," kata Amran usai rapat di kantor Kemenko Perekonomian Selasa 18 Oktober 2016. 

Daftar Harga Pangan 22 April 2024: Cabai hingga Telur Ayam Naik

Saat ini, menurut Amran pemerintah melalui Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik memiliki stok beras sebanyak dua juta ton. Angka tersebut dijamin dapat memenuhi kebutuhan masyarakat, bahkan hingga bulan Mei 2017. 

"Stok kita kurang lebih dua juta ton, itu cukup sampai bulan Mei 2017," katanya.

Korupsi Beras Bansos di Lombok, Uangnya Diduga untuk ‘THR’

Sementara itu, lanjut Amran, untuk komoditas bawang sendiri, saat ini harganya juga relatif stabil dan pasokan pun aman. Dengan kondisi seperti ini peluang untuk melakukan ekspor akan semakin besar. 

"Tinggal kita sekarang bagaimana mendorong ekspor, karena harga cenderung turun," kata dia.

(ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya