Menteri PUPR Minta Gubernur Tertibkan Bantaran Sungai

Sungai ciliwung
Sumber :
  • VIVA.co.id/ Fajar Ginanjar Mukti

VIVA.co.id – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan meminta kepala daerah di Indonesia dalam hal ini Gubernur untuk melakukan penertiban kawasan permukiman yang berada di bantaran sungai. 

Siap-siap Tarif Tol Dalam Kota Resmi Naik Besok, Ini Rinciannya

“Baru minggu ini Pak Menteri akan disurati agar ditertibkan, karena bagaimanpun juga pemda yang memberikan izin padahal daerah tersebut adalah daerah rawan banjir,” kata Direktur Jenderal Sumber Daya Air (SDA) Kementerian PUPR, Imam Santoso  dikutip dari laman Kementerian PU, Senin, 7 November 2016.

Kementerian PUPR mencatat, hampir di seluruh Indonesia memiliki kawasan permukiman di bantaran sungai.  Kawasan ini kerap menjadi daerah langganan banjir karena lokasi permukiman yang berada di dalam badan sungai atau daerah sempadan sungai.

Sri Mulyani Ungkap 'Kontraksi Dalam' Belanja Modal Januari 2022

Menurut Imam, kalau daerah permukiman di bantaran kemudian terjadi banjir, masyarakat dipermukiman tersebut akan menyalahkan sungainya, padahal masyarakatnya yang tinggal di sempadan sungai.

Direktur Bina Operasi dan Pemeliharaan Ditjen SDA Kementerian PUPR, Lolly Martina Martief menambahkan, bahwa hampir di seluruh Indonesia ada permukiman di bantaran sungai yang memang harus ditangani.

Daftar 12 Ruas Jalan Tol Baru yang Diresmikan 2021

“Untuk itu salah satu upaya kita nanti akan melakukan edukasi dan mengundang semua dinas perizinan daerah untuk kita berikan semacam pengetahuan tentang bagaimana tata tertib pemanfaatan bantaran sungai dan nanti kita akan bekerja sama dengan UGM,” ujarnya.

Ia mengatakan, edukasi tersebut juga dilakukan agar dinas perizinan di daerah minimalisasi izin pembangunan di permukiman di bantaran sungai.

(mus)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya