Pemerintah Akui Penerimaan Pajak Terhambat Tax Amnesty

Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Realisasi penerimaan pajak jelang dua bulan tutup tahun anggaran, baru mencapai Rp870,95 triliun, atau terealisasi sebesar 64,27 persen dari total target yang ditetapkan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara Perubahan 2016, sebesar Rp1.355 triliun.

IHSG Dibuka Menguat, Cek Saham-saham Pilihan Hari Ini

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution megatakan, hal tersebut tidak sesuai yang diharapkan pemerintah. 

"Memang, kita harus menggerakkan pajak lebih kencang," jelas Darmin, saat ditemui di kantornya, Jakarta, Selasa 8 November 2016.

Jawab Mahfud MD, TKN Optimis Rasio Penerimaan Negara Naik Hingga 23 Persen

Darmin mengakui, pelaksanaan program kebijakan pengampunan pajak, atau tax amnesty yang sudah berjalan selama dua periode terakhir, memang sedikit memberikan pengaruh bagi penerimaan pajak secara keseluruhan.

"Memang, adanya tax amnesty ini, penerimaannya melambat," katanya.

Pemerintah Kantongi Penerimaan Pajak Rp 1.387 Triliun hingga September 2023

Maka dari itu, mantan Gubernur Bank Indonesia itu menegaskan, akan mengerahkan seluruh aparat otoritas pajak, untuk mengamankan penerimaan negara rutin. Upaya ekstra itu diharapkan, mampu meningkatkan penerimaan pajak.

"Kami akan coba gerakkan aparat pajak, supaya penerimaan lebih baik," ungkapnya. (asp)

Monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

IHSG Menguat Ditopang Capaian Penerimaan Pajak, tapi Dihantui Pelemahan Rupiah

Indeks harga saham gabungan atau IHSG melemah 18 poin atau 0,25 persen di level 7.291 pada pembukaan perdagangan Kamis, 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024