Trump Berpotensi Menang, Dolar Anjlok Lebih dari 3%

Mata uang dolar AS.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Dolar Amerika Serikat (AS) anjlok lebih dari tiga persen terhadap mata uang Jepang, dan sejumlah mata uang dunia lainnya pada perdagangan hari ini, Rabu 9 November 2016. Dolar AS anjlok disebabkan sentimen negatif pasar terhadap hasil pemilihan presiden AS yang diperkirakan akan memenangkan kandidat presiden partai Republik, Donald Trump.

Rupiah Mulai Perkasa Seiring Meredanya Konflik Israel-Iran

Dilansir Reuters, Trump berhasil memenangkan negara bagian kunci Ohio dan diproyeksi  menang di Florida. Dolar pun tergelincir 3,1 persen di 101,89 yen dari 105,48 pada hari sebelumnya, saat Hillary Clinton diperkirakan akan menang pilpres AS. Dolar juga jatuh 1,8 persen terhadap Swiss franc.

"Dolar tergelincir menunjukkan bahwa Trump unggul terhadap Clinton di pertempuran di Florida," kata Junichi Ishikawa, analis valas senior di IG Securities di Tokyo, Jepang.

Rupiah Melemah, OJK Kasih Tips Emak-emak Kelola Keuangan

Direktur perusahaan riset valuta asing Global-info Co di Tokyo, Kaneo Ogino, mengatakan tidak ada di pasar yang menduga hasilnya akan seperti ini. Bahkan meski Clinton pada akhirnya menang, pasar telah bereaksi ke titik di mana dolar akan kesulitan untuk naik kembali.

Sejauh ini, Trump memimpin Clinton dengan selisih suara 13 electoral college votes. Sejumlah media melaporkan, Trump memimpin dengan 222 suara sedangkan Clinton berada pada 209 suara. Diberitakan oleh ABC,  Clinton menang di 17 negara bagian, sedangkan Trump 22 negara bagian.

Airlangga Tegaskan Tak Hanya Rupiah yang Melemah, Won hingga Bath Juga Ambruk

Ada 538 suara di electoral college yang didelegasikan ke 50 negara bagian, dan Distrik Kolombia. Dibutuhkan 270 electoral votes untuk menang.

Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo

Gubernur BI Proyeksikan Rupiah Baru Balik ke Rp 15.000-an pada Kuartal IV-2024

Bank Indonesia (BI) memproyeksikan, nilai tukar rupiah akan terus ada di level Rp 16.000 per dolar AS hingga kuartal III-2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024