Trump Menang, Menko Darmin: Tidak Perlu Dirisaukan

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution.
Sumber :
  • Chandra G Asmara / VIVA.co.id

VIVA.co.id – Calon Presiden Amerika Serikat dari Partai Republik, Donald Trump, memenangi perolehan suara pemilihan presiden Amerika Serikat atas calon dari partai Demokrat, Hillary Clinton. Kebijakan Trump yang kontroversial dikhawatirkan akan memengaruhi perekonomian dunia.

Pilpres Bikin Facebook Alergi Politik

Menanggapi itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengatakan bahwa Indonesia tidak perlu merisaukan hal tersebut. Namun, Darmin enggan berkomentar lebih jauh sebelum adanya keputusan final.

"Saya tidak mau komentar, kan belum terjadi. Enggak perlu terlalu dirisaukan," kata Darmin di kantornya, Jakarta, Rabu 9 November 2016.

AS Waspadai Serangan Teroris dari Orang-orang Kecewa Hasil Pilpres

Meski demikian, Darmin mengakui, dengan adanya kebijakan-kebijakan yang kontroversial dari Donald Trump akan menimbulkan pengaruh bagi perekonomian dunia termasuk Indonesia. Apalagi, AS sebagai negara adidaya memiliki pengaruh besar bagi perekonomian dunia.

"Ya, tentu akan ada (pengaruh), tapi jangka pendek saja. Perubahan-perubahan, tergantung siapa yang menang," kata mantan Gubernur BI ini.

Catatan SBY soal Drama Politik AS yang Bisa Dipetik Pecinta Demokrasi

Sementara itu, terkait dengan pengaruh ke investasi dan perdagangan di Indonesia, Darmin tidak berkomentar lebih jauh. "Saya tidak mau komentar itu, baru perkiraan-perkiraan," kata dia.

Sebelumnya, kajian the Economist Intelligence Unit, memperingatkan bahwa kemenangan Trump pada pilpres AS merupakan salah satu 10 risiko tertinggi yang dihadapi dunia. Potensi duduknya Trump di kursi nomor satu AS dinilai lebih berisiko dari keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Menteri BUMN Erick Thohir.

Ibarat Infinity War, Erick Thohir Sebut Dunia Butuh Avengers

Erick Thohir mengutip pidato Presiden Jokowi World Economic Forum di Hanoi 2018, bahwa kondisi perekonomian dunia mengarah pada perang tak terbatas atau infinity war

img_title
VIVA.co.id
15 Desember 2021