RI Tunggu Kebijakan Ekonomi Donald Trump

darmin nasution
Sumber :
  • REUTERS/Enny Nuraheni

VIVA.co.id – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, mengungkapkan, pemerintah masih menunggu arah kebijakan ekonomi yang akan dikeluarkan oleh Presiden terpilih Amerika Serikat ke-45 Donald Trump, pada Februari 2017. Setelah itu diumumkan, baru RI bisa tentukan sikap.
 
"Kami ingin lihat dulu bagaimana kombinasinya. Belum waktunya untuk menentukan seperti apa kebijakannya," kata Darmin, saat ditemui di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis 10 November 2016.
 
Darmin mengakui, terpilihnya presiden dari Partai Republik tersebut memang sedikit mengguncang pasar keuangan global. Namun, jika menilik lebih jauh, dampak negatif Trump kepada indikator perekonomian nasional tidak terlalu signifikan.
 
Mantan gubernur Bank Indonesia itu tak yakin, Trump benar-benar memenuhi janji-janji kontroversial yang disuarakan selama masa kampanye. Sebab, hal itu tentu akan sangat bertentangan dengan kebijakan AS selama ini.
 
"Harus proteksionis, tapi di pihak lain mau AS jadi negara yang dihormati kembali. Itu tidak sejalan," katanya.
 
Mantan direktur Jenderal Pajak itu menegaskan, pemerintah sama sekali tidak mengkhawatirkan sentimen negatif yang berpotensi diberikan Trump. Membangun fundamental perekonomian pun tetap menjadi komitmen pemerintah.
 
"Lebih baik kita urusi fondasi ekonomi yang sehat dan kuat. Apa pun yang terjadi di negara lain, pengaruhnya tidak menganggu kita," tuturnya.

Donald Trump Ambil Surat Cinta Kim Jong Un dari Gedung Putih
Mantan Presiden AS Donald Trump

Donald Trump dan Kedua Anaknya Akan Diperiksa Terkait Penipuan

Mantan Presiden AS Donald Trump dan dua anaknya dipanggil pengadilan karena diduga memperoleh keringanan pajak dan pinjaman melalui penilaian aset yang curang

img_title
VIVA.co.id
18 Februari 2022