Kemenkeu Minta Ekspor Mineral Jangan Bikin Penerimaan Turun

Kegiatan di dalam smelter. (Ilustrasi)
Sumber :
  • Guardian

VIVA.co.id – Pemerintah bakal merealisasikan rencana relaksasi aturan ekspor mineral mentah tanpa melalui proses pengolahan dan pemurnian. Namun, otoritas fiskal menggaris bawahi, aturan tersebut tidak boleh sama sekali merugikan negara.

Mobil China Kian Mendominasi di Rusia

"Pokoknya kalau ada perubahan, penerimaan negaranya tidak boleh turun," kata Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Suahasik Nazara, saat ditemui di kantor Kemenkeu Jakarta, Kamis 10 November 2016.

Suahasil menjelaskan, otoritas fiskal bersama Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral masih menggodok aturan tersebut. Namun, sampai saat ini, belum ada kepastian tetap mengenai perubahan aturan itu.

Perluas Pasar Ekspor, Bea Cukai Asistensi Tiga UMKM Ini

"Ada beberapa pemikiran. Prinsipnya sih, kalau melakukan perubahan pokoknya penerimaan negara tidak berubah," katanya.

Menurutnya, bendahara negara akan melihat beberapa komponen, terutama dari sisi perpajakannya. Apakah itu dari sektor Pajak Penghasilan, Pajak Pertambahan Nilai, maupun penerimaan royalti. "Secara keseluruhan, akan dipastikan dia meningkatkan penerimaan negara," ujarnya. (asp)

5 Negara Dengan Surplus Perdagangan Tertinggi di Dunia
Bea Cukai jalin kolaborasi dengan Pemda

Dorong Ekspor UMKM, Bea Cukai Jalin Kolaborasi dengan Pemerintah Daerah

Bea Cukai terus berupaya membangun kerja sama dengan berbagai pihak untuk mewujudkan kolaborasi dalam mendorong ekspor nasional.

img_title
VIVA.co.id
17 April 2024