Harga Minyak Mentah Dunia Meroket Tajam

Rig minyak
Sumber :
  • Reuters

VIVA.co.id – Harga minyak mentah dunia meroket tajam hingga menyentuh level tertinggi dalam tujuh bulan. Harga minyak dunia naik 5,8 persen di US$45,81 per barel. 

SKK Migas Pantau Ketat Dampak Konflik Hamas-Israel ke Sektor Hulu Migas Indonesia

Dilansir CNBC, Rabu 16 November 2016, harga minyak melonjak hampir enam persen di tengah ekspektasi negara-negara eksportir minyak OPEC akan mencapai kesepakatan memangkas produksi minyak. OPEC akan melakukan pertemuan pada 30 November 2016. 

Harga minyak mentah Brent naik 5,6 persen atau US$2,5 per barel di US$46,93 per barel. Sedangkan harga minyak AS melonjak 5,8 persen atau US$2,49 di US$45,81 per barel. 

Harga Minyak Dunia Mulai Mendidih Akibat Perang Israel Vs Hamas

"Jelas bahwa pasar sekarang melihat adanya kesempatan pemangkasan produksi minyak OPEC," kata analis Commerzbank dalam sebuah pernyataannya. 

Menteri Energi Saudi Arabia, Khalid al-Falih, mengatakan OPEC telah mencapai sebuah konsensus untuk memangkas produksi. Sementara Presiden Venezuela, Nicolas Maduro, juga mengatakan akan bertemu dengan Sekretaris Jenderal OPEC, Mohammed Barkindo, di Ciracas, untuk mendiskusikan potensi kesepakatan membatasi produksi minyak global. 

Menteri ESDM Sebut Harga Pertamax Bakal Naik Lagi, Masyarakat Bisa Balik ke Pertalite
BBM jenis Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta

Antisipasi Dampak Konflik Palestina-Israel, Pemerintah Kaji Harga Pertalite Sesuai Jenis Kendaraan

Pemerintah akan mengatur detail kriteria kendaraan yang dapat mengisi Pertalite, dan juga tengah mengkaji untuk membuat perbedaan harga Pertalite sesuai jenis kendaraan.

img_title
VIVA.co.id
18 Oktober 2023