Kadin: Tenaga Kerja RI Jangan Hanya Jadi Penonton

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan P Roeslani bersama Erwin Aksa
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

VIVA.co.id – Percepatan infrastruktur masih menemui beberapa kendala, mulai dari sisi pendanaan secara umum, sampai dengan kualitas sumber daya manusia yang relatif masih minim. Peningkatan kualitas tenaga kerja pun, menjadi pekerjaan penting bagi pemerintah ke depan. 

Jokowi: Jalan Inpres Gorontalo Penting untuk Tingkatkan Konektivitas Daerah

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bidang Konstruksi dan Infrastruktur, Erwin Aksa mengungkapkan hal itu dalam Rapat Kerja Nasional Kadin Indonesia yang dihelat di Hotel Bidakara, Jakarta, Kamis 17 November 2016.

"Penyedia jasa konstruksi dalam negeri, harus bisa mengembangkan diri, agar tidak hanya menjadi penonton," ujar Erwin.

Empat Alasan Utama Publik Puas dengan Kinerja Jokowi, Menurut Survei Indikator

Erwin menyayangkan, mayoritas proyek infrastruktur strategis nasional hampir seluruhnya dikerjakan oleh kontraktor asing. Padahal, ia meyakini, kualitas dari kontraktor lokal pun sejatinya tak kalah kelas dari kontraktor asing.

"Saya tiga hari yang lalu, baru beres menghadiri konstruksi gedung dari China. Mereka memaparkan bagaimana desain mereka. Arsitek kami pun bisa membuat itu," katanya.

Kemenpan-RB Siapkan 200 Ribu Formasi Calon ASN untuk Ditempatkan di IKN

Maka dari itu, perbaikan kualitas sumber daya manusia dalam negeri pun harus tetap digenjot. Sehingga, nantinya proyek-proyek infrastruktur strategis tidak hanya diisi oleh tenaga kerja asing, melainkan juga tenaga kerja lokal yang jauh lebih berkualitas.

"Ini rekomendasi pemerintah, dan kami harus mengawal itu," ucapnya. (asp)

Presiden Joko Widodo (Jokowi)

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan 147 bangunan infrastruktur pasca dilanda bencana gempa di Provinsi Sulawesi Barat pada Selasa, 23 April 2024. Diketahui, gempa me

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024