Pertamina Usul Hapus Harga Eceran Tertinggi Minyak Tanah

Seorang pedagang menakar minyak tanah eceran
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVA.co.id – Pemerintah telah menerbitkan Peraturan Menteri ESDM Nomor 36 Tahun 2016 tentang Percepatan Pemberlakuan Satu Harga Jenis Bahan Bakar Minyak Tertentu dan Jenis Bahan Bakar Minyak Khusus Penugasan Secara Nasional.

Ajang JDM Funday Mandalika 2024 Bukan Sekadar Balapan Mobil Jepang

Aturan itu diberlakukan untuk mempercepat pemberlakuan harga jual eceran yang sama di seluruh Indonesia baik untuk BBM tertentu, yaitu solar Ron 48 dan minyak tanah, serta untuk BBM khusus Penugasan yaitu bensin dengan Ron 88 atau premium.

Wakil Direktur Utama PT Pertamina, Ahmad Bambang mengatakan, bahwa untuk harga minyak tanah pihaknya akan melakukan diskusi lebih lanjut dengan pihak pemerintah untuk menghapus adanya perbedaan harga eceran tertinggi di daerah-daerah. Bambang menyebutkan HET di tiap provinsi menyebabkan penyamaan harga sedikit terkendala.

Daftar Sepeda Motor yang Cocok Diisi BBM Pertalite

"Dulu penyalurannya ditetapkan pemerintah hanya Rp2.500 per liter, tapi HET ditentukan oleh Pemda. Kalau mau satu harga HET-nya harus dihapus, karena tiap daerah berbeda-beda, di satu kota aja di satu pangkalan masih berbeda-beda. Ini yang akan kami bahas dengan dirjen migas," kata Bambang di kantor Kementerian ESDM, Jakarta, Kamis, 24 November 2016.

Meski demikian, ia mengatakan bahwa pihanya yakin harga minyak tanah yang seragam di seluruh Indonesia akan terwujud pada tahun 2017. Sebab, dengan tidak adanya HET provinsi akan mempermudah pemerintah dalam menetapkan harga.

Pertamina Patra Niaga Beberkan Upaya Pemerataan Energi Indonesia di Hannover Messe 2024

"Jadi kalau satu harga tidak ada HET, sistemnya harus diubah. Supaya satu harganya itu sampai pangkalan," kata dia.

Bambang yang juga plt direktur pemasaran Pertamina ini menambahkan pihaknya menyanggupi harga jual minyak tanah sampai ke pengguna seragam di seluruh Indonesia. Saat ini, Pertamina telah memproduksi produk minyak tanah kemasan dengan merek MITANKU yang dipasarkan di berbagai mini market.

Forum bisnis Women in Industry 4.0

Peringati Hari Kartini, Peran Perempuan dalam Industri 4.0 Jadi Sorotan di Hannover Messe 2024

Peran perempuan dalam industri 4.0 jadi bagian dari Business Forum bertema ‘Forging Smart and Sustainable Industry’ dalam gelaran Hannover Messe 2024.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024