Kantongi AOC, Batik Air Siap Jelajahi Langit Australia

Pesawat Batik Air milik Grup Lion Air.
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Maskapai Batik Air berhasil mengantongi Air Operator Certificate dari otoritas penerbangan Australia. Dengan izin tersebut, maskapai di bawah bendera Lion Air Grup ini siap menjelajah langit Australia.

Lion Group Mutasi Pimpinan Direksi Batik Air Buntut Pilot Tidur Saat Menerbangkan Pesawat

AOC diterbitkan oleh Civil Aviation Safety Authority (CASA) Australia pada Jumat 25 November 2016. Batik Air bisa mengoperasikan pesawat bertipe A320-200,Boeing 737-800, dan Boeing 737-900.

Batik Air akan menjadi maskapai Lion Air Grup kedua yang terbang ke  Australia, setelah Malindo Air. Saat ini Malindo Air telah menyediakan layanan dari Kuala Lumpur ke Perth.

KNKT Reveals Investigation of Pilot, Co-pilot Fall Asleep on Flight

"CASA merupakan salah satu regulator penerbangan paling ketat di dunia. Di bulan November ini kami juga telah terdaftar di IOSA dan sebelumnya kami telah berhasil keluar dari daftar hitam larangan terbang ke Uni Eropa. Ini semua  menandakan komitmen Batik Air pada keselamatan penumpang," kata Edward Sirait, Presiden Direktur Lion Air Group melalui keterangan tertulis, Minggu 27 November 2016. 

Saat ini Batik Air telah terbang ke 25 rute yang tersebar di Indonesia dan satu rute internasional menuju Singapura.

KNKT Beberkan Kronologi Pilot dan Co-Pilot Batik Air yang Tertidur saat Terbangkan Pesawat

Frekuensi penerbangan perhari mencapai 180 flights yang dioperasikan dengan armada berjumlah 36 unit yang terbagi dalam tipe Boeing 737-800NG, Boeing 737-900ER, dan Airbus A320. 

(mus)
 

Ilustrasi pantauan penerbangan dari ATC.

Bos InJourney Airports 'Curhat' Kendala di Industri Aviasi

Direktur Utama Angkasa Pura Indonesia atau InJourney Airports, Faik Fahmi, mencurahkan isi hatinya soal beragam masalah serta berbagai tantangan industri aviasi saat ini.

img_title
VIVA.co.id
3 April 2024