Sri Mulyani Berseloroh: Tak Ikut Tax Amnesty, Saya Tembak

Gaya Menembak Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Beberapa waktu yang lalu, beredar foto meme Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menggenggam sebuah pistol dan senjata laras panjang. Meme tersebut dengan cepat tersebar di dunia maya.

Pertanyakan Program Tax Amnesty, Mahfud MD: Enggak Jelas Hasilnya!

Dalam perhelatan Risk and Governance Summit 2016 di Djakarta Theater, Selasa 29 November 2016, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu dimintai klarifikasi atas beredarnya foto tersebut.

Lantas, bagaimana Menkeu menanggapi?

Kemenkeu Tegaskan Tidak Akan Ada Program Pengampunan Pajak Lagi

“Kami ada lomba menembak. Saya diajari menembak. Kalau Anda tidak ikut tax amnesty, saya akan tembak,” ujar Ani, sapaan akrab Sri Mulyani Indrawati, diikuti gelak tawa hadirin.

Aksi menembak dengan pistol Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati

DJP Tegaskan Tax Amnesty Jilid II Ditegaskan Tak Langgar Aturan Pajak

Ani pun menjelaskan program kebijakan tax amnesty, yang sudah memasuki periode kedua pelaksanaan. Sampai saat ini, diakui Ani, pemerintah berhasil menambah basis pajak dari keikutsertaan 139 ribu Wajib Pajak (WP).

Meski begitu, momentum tersebut justru diwarnai dengan tindakan tak terpuji dari seorang pejabat pajak, yang tertangkap basah menerima suap dari seorang WP Badan, untuk melenyapkan tunggakan pajaknya.

“Saya berfikir bagaimana menggambarkan perasaan kami semua. Yang pasti kecewa dan marah kepada penghianatan itu,” katanya.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengaku bingung mendeskripsikan perasaannya sebagai seorang menteri, yang melihat betul jajarannya melakukan tindakan yang mencoreng nama baik institusi negara. 

“Entah kecewa, malu dengan tingkah seperti itu. Saya kira dalam mempimpin suatu institusi besar, harus tahu fungsinya adalah sebagai tulang punggung,” tegasnya.

(ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya