Wirausahawan Ini Ubah Sampah Jadi Barang Berguna

Juni Kuswanto (tengah)
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Sampah merupakan barang buangan, tetapi bagi Juni Kuswanto (24), wirausahawan muda yang peduli akan masalah lingkungan, sampah bisa disulap menjadi barang yang berguna. Ia mendirikan PT BJSC Aquagro Mandiri yang berlokasi di Surabaya, dengan memberdayakan sampah dari barang yang tidak berguna menjadi barang yang bernilai guna.

Kisah Srikandi RI yang Sukses Kelola Bisnis Budidaya Udang

Ia melakukan terobosan baru dalam proses pengolahan sampah, dengan mengintegrasikan berbagai aspek, yaitu masyarakat, industri, dan pemerintah. Uniknya, dia memberdayakan para pecandu narkoba untuk memilah dan mengolah sampah menjadi pakan konsentrat ikan, ayam, dan bebek yang berkualitas dan murah, sehingga dapat meningkatkan produktivitas peternak di Indonesia.

Dengan begitu, ia tidak hanya menyelesaikan persoalan sampah saja, tetapi juga persoalan sosial lainnya, seperti narkoba dan pengangguran. Inovasi proses yang dilakukan tersebut telah menghantarkannya menjadi pemenang Best of The Best di kompetisi Indonesia Sociopreneur Challenge (ISoC) 2016.

Beri Pinjaman Rp50 Miliar, eFishery Bantu Petani Lewati COVID-19

Dikutip dari siaran persnya, Selasa 29 November 2016, ISoC 2016 adalah kompetisi berskala internasional yang diadakan oleh Program Studi Technopreneurship Surya University, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), dan Dinas Kebersihan Pertamanan dan Pemakaman (DKPP) Kota Tangerang Selatan.

Kompetisi yang mengambil tema “Waste Around Us” ini menjadi ajang bagi para sociopreneur untuk berkontribusi dalam menjawab permasalahan sampah di Indonesia, khususnya di daerah Tangerang Selatan.

Mengintip Manfaat UU Cipta Kerja Dalam Mendukung Entrepreneurship

Dengan adanya dukungan dari pemerintah Kota Tangerang Selatan, para pemenang diharapkan dapat mengimplementasikan idenya di Kota Tangerang Selatan. ISoC diharapkan dapat menjadi jembatan penghubung bagi akademisi, swasta, dan pemerintah dalam memecahkan permasalahan sosial, khususnya di Kota Tangerang Selatan. (asp)

Arya Setra, Pelukis Kopi asal Bandung.

Kembangkan Bisnis Petani, Pria Ini Ubah Kopi Jadi Karya Seni

Karya Seni lukis menggunakan media Kopi dilakukan Arya Setra karena ketidaksengajaan saat kopi jatuh ke kanvas lukisannya.

img_title
VIVA.co.id
21 Juni 2021