Mendag: Ada 100 Lebih Persoalan Perdagangan Indonesia

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita
Sumber :
  • VIVA.co.id/shintaloka Pradita Sicca

VIVA.co.id – Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita menyebut ada 100 lebih persoalan syarat perdagangan global yang diangkat World Trade Organization terhadap komoditas ekspor Indonesia. Seperti, isu tindakan anti-dumping dan tindakan imbalan (anti-subsidi) atas produk ekspor Indonesia dan standar kemasan Indonesia.

Anindya Bakrie: Ekonomi RI Kuat Hadapi Krisis Timur Tengah

Dia pun mengajak Kamar Dagang dan Industri Indonesia untuk menjaga pasar domestik dari tekanan global. Khususnya di tengah gejolak ekonomi Amerika Serikat, terkait kebijakan presiden terpilih AS Donald Trump yang anti perdagangan bebas.

"Persoalannya, apa yang harus kita lakukan> Kita harus jaga pasar domestik," ucapnya dalam acara rapat pimpinan nasional Kadin di hotel Borobudur Jakarta pada Kamis 1 Desember 2016.

Arsjad Buka Suara Soal Kabar Pertemuannya dengan Prabowo

Menurutnya, sangat penting menjaga pasar domestik saat ini. Terlebih, karena Indonesia memiliki potensi sangat besar menjadi pasar internasional dengan populasi penduduk lebih dari 200 juta.

Dia menyebut ada sejumlah instrumen yang bisa digunakan untuk menjaga daya tahan pasar domestik. Salah satunya, yaitu dengan mengoptimalkan fungsi pelabuhan sebagai filter masuknya barang impor masuk. (asp)

Pj Gubernur Sumsel Gandeng Kadin Percepat Realisasi Program Gerakan Serentak
Ketua Dewan Pertimbangan Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Anindya Novyan Bakrie bertemu Sekretaris Jenderal Kadin Internasional (International Chamber of Commerce/ICC) John Denton, di Kantor Pusat ICC, Paris, Prancis.

Indonesian Economy Has Strength to Face Middle East Crisis

Chairman of the Advisory Board of the Indonesian Chamber of Commerce and Industry (Kadin) Anindya Bakrie stated that Indonesian economic has strength to face the crisis..

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024