DPR Tetapkan Dua Deputi Baru Gubernur BI

Kantor Pusat Bank Indonesia.
Sumber :
  • REUTERS/Iqro Rinaldi

VIVA.co.id – Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat resmi menetapkan dua deputi baru gubernur Bank Indonesia untuk menggantikan Ronald Waas dan Hendar.  Penetapan ini dilakukan setelah DPR melakukan uji kepatutan dan kelayakan kepada calon deputi gubernur yang digelar kemarin, Jumat 2 Desember 2016.

Utang Luar Negeri Indonesia Turun Jadi US$413,6 Miliar

Sugeng, staf ahli dewan gubernur pengelolaan BI Institute ditunjuk parlemen untuk menggantikan Ronald Waas. Selain itu, Kepala Kantor Perwakilan BI Provinsi Jawa Barat, Rosmaya Hadi, ditunjuk menggantikan Hendar, yang juga kembali mencalonkan diri.

Kedua calon yang telah mengikuti uji kepatutan dan kelayakan selama dua hari itu dipilih berdasarkan hasil pemungutan suara. Sugeng berhasil mengantongi 52 suara dari 54 suara seluruh anggota Komisi XI, sementara Rosmaya Hadi memenangkan 45 suara.

BI Fast Payment, Jawaban untuk Kebutuhan Transaksi Murah

Anggota Komisi XI Fraksi Partai Golkar, Mukhamad Misbakhun, pun membeberkan alasan-alasan terpilihnya dua calon tersebut. Menurutnya, Sugeng maupun Rosmaya Hadi memiliki kompetensi yang berkualitas di bidang yang nantinya akan mereka emban sebagai Deputi Gubernur BI.

“Pak Sugeng itu sangat menguasai masalah di sektor transaksi pembayaran. Dilihat dari kapasitas pribadi, beliau sangat berkompeten dan mengerti dengan program yang akan dijalankan,” ujar Misbakhun saat berbincang dengan VIVA.co.id, Jumat 2 Desember 2016.

Cadangan Devisa RI Februari 2022 Naik Tipis, Ini Pendorongnya

Sedangkan untuk Rosmaya Hadi, ia memandang, pemahaman wanita kelahiran Bandung 6 September 1959 itu dalam membangun sebuah sistem telah terbukti. Apalagi, Rosmaya pernah mendapatkan predikat pegawai BI terbaik pada 2015 lalu.

“Hasil keputusan semalam akan terlebih dahulu disampaikan kepada pimpinan, untuk dibawa ke Bamus (Badan Musyarawah) untuk dimintakan persetujuan pada sidang paripurna,” katanya.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya