Jepang Bantu RI Bangun Deep Sea Water di Morotai

Potensi Perikanan Tangkap Nasional
Sumber :
  • Antara/Wahyu Putro A

VIVA.co.id – Kementerian Kelautan dan Perikanan menyebutkan pemerintah Jepang akan membantu Indonesia dalam melakukan pelaksanaan proyek deep sea water. Rencananya proyek ini akan dimulai di Morotai. 

Riset Ungkap Dampak Bantuan Pemerintah ke Sektor Perikanan Tangkap

Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut (PRL) Kementerian Kelautan dan Perikanan, Brahmantya Satyamurti Poerwadi mengatakan pembahasan kesepakatan antar dua negara telah dilakukan pada kemarin malam.

"Pada awal tahun pihak Jepang menawarkan untuk lakukan business matching dengan perusahaan yang akan terlibat. Mereka pastikan pengusaha yang dibawa adalah pengusaha-pengusaha terbaik," kata Brahmantya dalam media briefing di rumah dinas Menteri KKP Jakarta pada Jumat, 9 Desember 2016.

10 Ribu Pembudidaya Perikanan Dibidik Masuk Ekosistem eFishery 2021

Proyek deep see water ini merupakan upaya KKP untuk memanfaatkan air laut dalam yang jernih, disedot ke atas untuk pembudidayaan ikan tuna. Kemudian, perbedaan tekanan temperatur air laut saat ditarik ke atas dapat dimanfaatkan sebagai sumber energi baru terbarukan (EBT).

"Ini kan G to G (Goverment to Goverment). Pada 20 Desember, Dubes (Duta Besar) kembali lapor untuk update-update ke pemerintahnya, awal tahun siapkan update," ujarnya. 
 

Raih Pendanaan Seri B, eFishery Dapat Dukungan 4 Ventura Asing
Tambak Udang Vaname yang dikelola oleh eFishery dan Baba Rafi.

Jangan Patah Semangat Bisnis Akuakultur, Bisa Coba Cara Ini

Laju bisnis akuakultur tumbuh 21 persen selama enam tahun terakhir, jauh di atas sektor tangkapan ikan yang hanya tumbuh 3 persen.

img_title
VIVA.co.id
24 Agustus 2021