Begini Cara BRI Bikin UMKM Naik Kelas

Direksi Bank Rakyat Indonesia
Sumber :
  • Romys Binekasri / VIVA.co.id

VIVA.co.id – Direktur Utama PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Bank BRI), Asmawi Syam menargetkan, pertumbuhan kredit pada 2017 mencapai 17 persen. Angka tersebut lebih tinggi dibanding tahun ini yang hanya mencapai 14-15 persen.

BI Klaim Fundamental Ekonomi Nasional Terjaga Meski Situasi Global Tak Menentu

"Ya (pertumbuhan kredit) sekitar 17 persen lah," kata Asmawi usai acara BRI UMKM Digitalvolution di JIEXPO Kemayoran, Jakarta, Sabtu 17 Desember 2016.

Selain itu, dia juga menargetkan para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) binaannya bisa naik kelas tahun depan. Hal itu merupakan instruksi dari Menteri Badan Usaha Milik Negara, Rini Soemarno.

Pertumbuhan Kredit Perbankan Turun, Gubernur BI: Ada yang Harus Kami Cek

"Kita targetkan mereka (UMKM) harus naik kelas, yang tadinya pemain lokal marketnya bisa nasional, yang nasional bisa naik ke tingkat regional dan regional naik ke tingkat internasional," ujarnya menambahkan.

Asmawi menjelaskan, agar UMKM bisa naik kelas, pihaknya menyediakan coaching clinic bagi para pelaku usaha. Nantinya UMKM akan diberi arahan bagaimana caranya agar UMKM naik kelas di antaranya seperti melakukan pengemasan yang menarik dan mematenkan produknya.

Ekonomi RI Terus Pulih, BRI Pede Kinerja 2023 Capai Target

"Yang paling penting soal pembiayaan, kalau mereka sudah menjadi binaan BRI maka pembiayaan sudah tidak lagi menjadi masalah."

(mus) 

Gedung Bank Mandiri

Tembus Rp 39,1 Triliun, Laba Bersih Bank Mandiri Kuartal III-2023 Melesat 27,4%

PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mencatat, hingga kuartal III-2023 berhasil membukukan laba bersih secara konsolidasi mencapai Rp 39,1 triliun.

img_title
VIVA.co.id
30 Oktober 2023