Pemerintah Tunggu Usulan Harga Rokok 2017 dari Industri

Indusri kecil rokok.
Sumber :
  • REUTERS/Andrew Biraj

VIVA.co.id – Pemerintah memperkuat sinyal kenaikan harga rokok. Ini menyusul dinaikkannya cukai rokok tahun depan. 

Kenaikan Cukai Rokok Terlalu Tinggi, Pengamat Nilai Penerimaan Negara Jadi Tak Optimal

Namun, Kepala Badan Kebijakan Fiskal (BKF) dari Kementerian Keuangan, Suahasil Nazara, mengaku masih menunggu perhitungan bisnis dari pelaku industri rokok, berapa besaran harga yang akan dinaikkan. 

"Jadi cukai tetap saya naikkan, kalau pabrik mau protes, ya silakan nanti kami tanggapi. Tapi kita juga perhitungkan untuk bisnis naik profit naik, Kita masih punya ruang untuk menaikkan harga rokok," kata dia di Jakarta, Selasa 20 Desember 2016.

Cukai Rokok Naik Langsung 2 Tahun, Kemenkeu: Perintah Jokowi Supaya 2024 Tak Gaduh

Suahasil pun menilai, kenaikan cukai untuk rokok bukan solusi untuk menurunkan konsumsi rokok. Artinya, dengan pemerintah menaikkan cukai pun, tidak otomatis menurunkan kebiasaan masyarakat untuk merokok. 

"Konsumsi memang perlu untuk diturunkan, tapi tentu tidak bisa hanya masalah fiskal," katanya.

Tarif Cukai Rokok Bakal Naik pada 2023, Ini Penjelasan Bea Cukai

Menurut Suahasil, kebijakan pemerintah untuk menaikkan cukai mempertimbangkan dari sisi keekonomian. Salah satunya kondisi industri rokok sendiri yang produksinya saat ini relatif flat alias tidak meningkat.

"Jadi kita harus perhatikan industrinya. Mungkin sekitar tiga tahun terakhir produksi rokok flat. Ada di 340 miliar batang (per tahun)," kata Suahasil.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya