Menhub: Ada 3 Titik Kepadatan Saat Arus Balik Liburan

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Agus Rahmat

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan memprediksi arus balik libur panjang akhir tahun akan berlangsung pada 1 Januari 2017. Tanggal tersebut adalah tanggal terakhir libur akhir tahun dan pada 2 Januari 2017 ada sekolah yang sudah memulai aktivitasnya.

Menhub: Transportasi Jakarta Tak Mungkin Dibiarkan Sendiri

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi, mengatakan, potensi kemacetan serta kepadatan saat arus balik libur akhir tahun diprediksi terjadi di tiga lokasi, yaitu Pelabuhan Merak, Tol Cipali, dan Bandara Soekarno-Hatta (Soetta).

"Pada tanggal 1 Januari 2017, penumpang pesawat tujuan Soetta dan sudah booking tiket mencapai 340 ribu penumpang," kata Budi di Yogyakarta, Selasa 27 Desember 2016.

Menteri Perhubungan Berterus Terang 1,5 Juta Orang Lolos Mudik

Budi mengimbau kepada masyarakat yang akan kembali lagi ke ibu kota sebaiknya tidak melakukan perjalanan pada 1 Januari 2017. Namun, bisa dimajukan maupun diundur pada 2 Januari 2017, agar tidak terjebak kemacetan yang panjang dan lama.

"Saya berharap masyarakat tidak pulang bersama-sama pada 1 Januari. Kan arus balik biasanya lebih banyak dibandingkan arus mudiknya," tuturnya.

Tinjau Bandara Soetta, Menhub Minta Antisipasi Arus Balik Lebaran

Dia menambahkan, perlu ada solusi untuk mengurangi kemacetan, yaitu dengan memperbanyak perjalanan menggunakan kapal laut. Karena, untuk moda kereta api masih ada keterbatasan gerbong, demikian pula untuk pesawat selain harganya relatif mahal.

"Potensi kapal laut bisa sebagai solusi untuk mengatasi kemacetan di darat," ujarnya.

Menhub Budi Karya Sumadi di Pelabuhan Kali Adem Muara Angke Jakarta Utara

Gaya Menhub Budi Karya Bernyanyi dan Gitaran di Kapal Penumpang

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, meninjau aktivitas kapal penumpang di Pelabuhan Kali Adem, Muara Angke Jakarta Utara. Ia bernyanyi lagi Koes Plus.

img_title
VIVA.co.id
2 Januari 2022