Jumlah Dibatas 1.000 di Penutupan Amnesti Pajak Periode 2

Sosialisasi Amnesti Pajak
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id –  Pada hari terkahir periode II tax amnesty, atau pengampunan pajak dengan tarif tebusan tiga persen, Direktorat Jenderal Pajak memutuskan untuk membatasi jumlah peserta untuk wajib pajak kuasa hanya sampai 1.000 hingga pukul 24.00 WIB hari ini.

IHSG Dibuka Menguat, Cek Saham-saham Pilihan Hari Ini

Direktur Penyuluhan, Pelayanan, dan Hubungan Masyarakat Ditjen Pajak, Hestu Yoga Saksama mengatakan, jika sebelum pukul 24.00 WIB jumlah WP kuasa sudah sampai 1.000 orang, pihaknya mengimbau WP kuasa beralih ke Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang ada.

"Makanya, kita minta mereka ke KPP. Jadi, kita tetap minta kalau (antrean) sudah di atas seribu, untuk pergi ke KPP. Kecuali, untuk pribadi datang langsung, dan yang dari luar Jakarta," ujar Hestu di Kantor Direktorat Jenderal Pajak Pusat Jakarta, Sabtu 31 Desember 2016.

Jawab Mahfud MD, TKN Optimis Rasio Penerimaan Negara Naik Hingga 23 Persen

Imbauan ini sudah Hestu infokan dan berikan ke WP sejak Kamis lalu. Ia mengatakan, pembatasan dilakukan, karena melihat jumlah WP kuasa lebih mendominasi.

Sebagai ilustrasi, sejak Kamis sore hari, jumlah WP kuasa sudah sampai 1.000. Sedangkan pada Jumat kemarin, hingga pukul 21.00, jumlah WP kuasa sudah mencapai 1.100 dan WP pribadi ada 150 orang.  Menurutnya, pembatasan dan peralihan itu dapat mengoptimalkan pelayanan baik untuk WP kuasa dan WP pribadi.

Pemerintah Kantongi Penerimaan Pajak Rp 1.387 Triliun hingga September 2023

Sementara itu, data terakhir pada Kamis kemarin, jumlah uang tebusan yang telah dicapai sekitar Rp107 triliun, dengan jumlah harta deklarasi sebesar Rp4.182 triliun.

Sehingga, tercatat periode I hingga periode II per 29 Desember 2016, jumlah WP yang telah mengikuti program pengampunan pajak, atau tax amnesty ini sekitar 573 ribu WP. (asp)

Monitor pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia, Jakarta.

IHSG Menguat Ditopang Capaian Penerimaan Pajak, tapi Dihantui Pelemahan Rupiah

Indeks harga saham gabungan atau IHSG melemah 18 poin atau 0,25 persen di level 7.291 pada pembukaan perdagangan Kamis, 28 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024