5 Negara Paling Produktif di Dunia

Ilustrasi pebisnis.
Sumber :
  • halomoney.co.id

VIVA.co.id – Produktivitas jadi kunci utama pendorong keberhasilan ekonomi suatu negara, sehingga semakin produktif pekerja suatu negara membuat pendapatan semakin besar dan berdampak baik bagi ekonomi suatu negara.

5 Negara Paling Produktif di Dunia, Adakah Negara Impianmu?

Dilansir dari laman Time.com, pada Kamis 5 Januari 2016, Organisasi Kerja Sama Ekonomi dan Pembangunan atau OECD mencatat 38 negara paling produktif di dunia berdasarkan survei terbaru yang diambil sepanjang 2015.

Dalam survei tersebut Perancis menjadi negara paling dihormati para ekonom karena menerapkan undang-undang baru, yaitu pembatasan e-mail setelah jam kerja selesai. Hal tersebut dinilai karena bekerja lebih lama belum tentu menghasilkan peningkatan produktivitas.

6 Manfaat Mengejutkan Ngemil, Ternyata Bisa Bikin Produktif

Selain itu, dalam survei OECD menunjukkan bahwa Meksiko juga sebagai negara dengan jam kerja terpanjang selama satu minggu yaitu sebesar 41,2 jam, termasuk pekerja paruh waktu. Sedangkan Luksemburg negara paling produktif dengan rata-rata kerja satu minggu selama 29 jam.

Amerika Serikat tercatat hanya masuk pada urutan kelima negara paling produktif dengan kontribusi US$68,30 per jam kerja terhadap Produk Domestik Bruto (PDB). AS miliki rata-rata jam kerja selama 33,6 jam per pekan.

6 Tips Dapatkan Pola Tidur Berkualitas di Masa Pandemi

Adapun metodelogi yang diambil dari survei OECD dalam menghitung produktivitas adalah membagi PDB masing-masing negara dengan jumlah rata-rata jam kerja per tahun pada semua jumlah pekerja di negara tersebut, termasuk pekerja paruh waktu saat waktu liburan.

Berikut lima negara dengan produktivitas tertinggi:

1. Luksemburg 

Negara ini miliki pendapatan sebesar US$93,4 per jam kerja terhadap PDB, dengan jumlah pekerja sebanyak 405,6 ribu orang. PDB sebesar US$57 miliar dan miliki jam kerja sebanyak 29 jam.

2. Irlandia

Negara ini miliki pendapatan sebesar US$87,3 per jam kerja terhadap PDB, dengan jumlah pekerja sebanyak 1,98 juta orang. Jumlah PDB sebesar US$302 miliar dan miliki jam kerja sebanyak 33,5 jam.

3. Norwegia

Negara ini miliki pendapatan sebesar US$81,3 per jam kerja terhadap PDB, dengan jumlah pekerja sebanyak 2,75 juta orang. Jumlah PDB-nya sebesar US$318 miliar dan miliki jam kerja sebanyak 27,3 jam.

4. Belgia

Negara ini miliki pendapatan sebesar US$69,7 per jam kerja terhadap PDB, dengan jumlah pekerja sebanyak 4,6 juta orang. Jumlah PDB sebesar US$498 miliar dan miliki jam kerja sebanyak 29,9 jam.

5. Amerika Serikat

Negara ini miliki pendapatan sebesar US$68,3 per jam kerja terhadap PDB, dengan jumlah pekerja sebanyak 151 juta orang. PDB sebesar US$18 triliun dan miliki jam kerja sebanyak 33,6 jam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya