DPR Sebut BUMN dan Swasta Saling Bunuh

Ilustrasi/Pembangunan di sektor infrastruktur.
Sumber :
  • REUTERS/Lucky R./Antara Foto

VIVA.co.id - Dewan Perwakilan Rakyat mempertanyakan ketidakseimbangan antara perusahaan milik negara dengan sektor swasta. Parlemen menganggap terjadi kesenjangan pada kedua sektor itu.

Mendag Lutfi Dinobatkan Jadi Pemimpin Terpopuler oleh Warganet

"Seharusnya balance (seimbang), tetapi sampai sekarang tidak ada," kata Anggota Komisi VI DPR, Zulfan Lindan, dalam sebuah forum diskusi di Jakarta pada Sabtu, 14 Januari 2017.

Zulfan mengatakan, faktanya setiap perusahaan pelat merah justru seperti bersaing dengan swasta. Padahal, seharusnya kedua sektor itu bahu membahu dalam membangun perekonomian nasional.

Menteri LHK: Pembangunan Tak Boleh Terhenti Atas Nama Deforestasi

Ia memahami keinginan Presiden Joko Widodo untuk menggenjot pembangunan infrastruktur memang membutuhkan dana lebih, dan dibutuhkan kerja sama para pemangku kebijakan. Namun dia memandang ada persaingan yang tidak sehat antara sektor usaha. "Kok sekarang saling membunuh antara swasta dan BUMN," katanya.

Dalam kesempatan yang sama, mantan Sekretaris Menteri Badan Usaha Milik Negara, Muhammad Said Didu, berharap pemerintah mengadopsi kebijakan di sejumlah negara maju dalam mengembangkan setiap perusahan pelat merah. "Contoh, Jerman. Mereka negara sosialis. Mereka kuat sekali," ujarnya. (ase)

Menko Luhut Ingatkan Visi Poros Maritim Dunia Harus Terealisasi
Visualisasi pengembangan organisasi BRI melalui BRIVolution 2.0

Pengembangan Organisasi di Masa Pandemi: BRI Jalankan BRIVolution 2.0

Manfaatkan momentum pandemi sebagai stimulus terjadinya pengembangan organisasi, BRI dorong implementasi BRIVolution 2.0

img_title
VIVA.co.id
24 Desember 2021