JP Morgan Naikkan Peringkat RI, Menkeu Beri Apresiasi

Menko Darmin Nasution, Menkeu Sri Mulyani, dan Gubernur BI Agus Martowardojo
Sumber :
  • VIVA.co.id/Chandra G Asmara

VIVA.co.id – Pemerintah Indonesia mengapresiasi keputusan JP Morgan Chase Bank NA, yang kembali menaikkan peringkat aset ekuitas – dari yang sebelumnya di level underweight menjadi netral. Sebelumnya, JP Morgan memangkas level rekomendasi, dari overweight menjadi underweight.

JP Morgan Nilai Omnibus Law Jadi Hal Positif ke Pasar Ekuitas RI

"Bagus (dinaikkan peringkatnya)," ujar singkat Menteri Keuangan Sri Mulyani saat ditemui di kantornya, Senin 16 Januari 2017.

Hal senada turut diungkapkan oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution. Menurut dia, kondisi perekonomian Amerika Serikat di era Presiden terpilih Donald Trump, yang menjadi pertimbangan JP Morgan, sebelum memangkas level rekomendasi aset ekuitas memang mendasar.

Laporan JP Morgan Soal Prediksi Ekonomi Indonesia di 2021

Namun, keputusan lembaga keuangan internasional tersebut memangkas level rekomendasi aset ekuitas Indonesia dinilai sangat berlebihan. Terlebih, kondisi perekonomian Indonesia tidak seburuk yang dibayangkan.

"Bagus kalau dia (JP Morgan) mengoreksi," katanya.

Jadi Dealer Surat Utang RI Lagi, JP Morgan Sowan ke Jokowi

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, juga sepakat bahwa keputusan JP Morgan sama sekali tidak sesuai dengan fundamental ekonomi secara keseluruhan. Misalnya, dari sisi inflasi yang terkendali, cadangan devisa yang terjaga, dan kondisi nilai tukar yang stabil.

"Di tahun 2017 ini, kami harapkan menjadi kondisi pemulihan. Sehingga, pertumbuhan ekonomi kami harapkan 5-5,4 persen," katanya.

Sebagai informasi, rekomendasi overweight artinya adalah selama enam hingga 12 ke depan, pasar keuangan akan bergerak di atas rata-rata ekspektasi dari para analis. Netral artinya dalam rentang yang sama, pergerakannya sesuai ekspektasi. Sedangkan underweight artinya di bawah espektasi atau diperkirakan lebih buruk.

(ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya