BI Ungkap Bukti Ekonomi RI Masih Diminati Investor

Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo membuktikan, di tengah ketidakpastian perekonomian global, Indonesia masih menjadi salah satu destinasi menarik para investor. Terbukti hingga kini, arus modal masuk yang masuk ke Indonesia mencapai Rp18 triliun.

BNI Bakal Terbitkan Global Bond US$500 Juta, Jadi Incaran Investor Asing

"Total dana luar negeri yang masuk ke Indonesia sudah Rp18 triliun, dibandingkan tahun lalu pada periode yang sama," kata Agus, saat ditemui di Kompleks BI, Jakarta, Jumat 20 Januari 2017.

Ia memandang, sejumlah indikator perekonomian pada tahun lalu memang mencerminkan adanya perbaikan. Mulai dari laju inflasi yang terkendali, defisit transaksi berjalan yang terjaga, sampai dengan pergerakan nilai tukar rupiah yang stabil, meskipun diterpa berbagai sentimen negatif.

Menko Airlangga Undang Pengusaha Singapura Kembangkan Bisnis di RI Lewat ISBF 2024

"Currency kita secara year to date menguat 2,3 persen. Dibandingkan dengan negara besar, ada yang depresiasi sampai tujuh persen," ujar Agus.

Menurut dia, kepercayaan investor terhadap perekonomian dalam negeri, akan terus dijaga. Terutama, bagaimana menerapkan arah kebijakan fiskal dan moneter yang sejalan, sehingga bisa menjadi stimulus bagi perekonomian di tengah ketidakpastian global yang masih menghantui.

SMI Dapat Kontrak Penugasan Pemerintah Rp 825 Miliar, Siapkan Proyek Pembangunan di IKN

"Fiskal ditangani ibu Sri Mulyani (Menteri Keuangan). Kami jaga stabilitas kurs. Kami juga pastikan, kredit bisa tumbuh sehat, usaha UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) baik," katanya. (asp)

Ilustrasi pergerakan saham

Saham Berdividen, Pilihan Terbaik untuk Investor Konservatif

Saham berdividen merupakan saham dari perusahaan yang secara rutin membayar dividen kepada para pemegang saham. Berikut ini penjelasan manfaat dan risiko saham berdividen

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024