Maskapai Express Air Terancam Kena Sanksi Kemenhub

Express Air di bandara Matahora Wakatobi, Sulawesi Tenggara
Sumber :
  • Antara/ Zabur Karuru

VIVA.co.id – Pesawat Express Air dengan nomor XN 812 tujuan Kota Sorong, Papua Barat, mengalami masalah pada perangkat pengatur tekanan udara, saat lepas landas pada Minggu kemarin, 22 Januari 2017. Alhasil, sebanyak lima orang penumpang luka-luka dalam insiden tersebut. 

TNI Bantah Panglima Yudo Margono Berada di Pesawat yang Tergelincir di Timika Papua

Menanggapi hal itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pihaknya akan menindak sesuai dengan peraturan yang berlaku, jika memang maskapai Express Air melanggar. Pihak Kemenhub tengah melakukan evaluasi. 

"Kami akan lihat, apakah dia melanggar ketentuan. Kita akan tindak sesuai peraturan yang berlaku," kata Budi, di kantornya, Jakarta, Senin 23 Januari 2017. 

Pesawat TNI AU Tergelincir di Bandara Mozes Kilangin Timika Papua

Evaluasi yang dilakukan Kementerian Perhubungan itu, untuk memastikan kejadian serupa tidak akan terulang lagi. Pihak maskapai pun telah memasukkan pesawat itu ke dalam daftar perbaikan. 

Seperti diberitakan sebelumnya, para penumpang yang diinapkan karena insiden tersebut, telah kembali diterbangkan ke Sorong. Namun, ada juga beberapa penumpang yang memilih membatalkan penerbangan dan meminta pengembalian uang.

Oleng Dihempas Angin Kencang, Pesawat Rimbun Air Tergelincir di Papua

Kelima penumpang yang terluka mengalami pendarahan di hidung, atau mimisan. Para penumpang tersebut dibawa ke Rumah Sakit Telinga Hidung dan Tenggorokan (THT) di BSD Tangerang, untuk mendapatkan hak perawatan dari maskapai Express Air. (asp)

Pesawat carter membawa WNA tergelincir di Bandara Maleo, Morowali, Sulteng

Pesawat Angkut WNA Tergelincir di Bandara Morowali Hingga Nyangkut di Semak-semak

Pesawat jet jenis Hawker 900XP tergelincir dan terperosok dan menabrak semak-semak pepohonan di dekat runway Bandara Maleo, Morowali

img_title
VIVA.co.id
11 Mei 2023