Bursa Saham Asia Dibuka Naik, Saham Finansial Melonjak

Suasana di Bursa Saham Tokyo, Jepang.
Sumber :
  • REUTERS/Kim Kyung-Hoon

VIVA.co.id – Bursa saham Asia dibuka menguat pada perdagangan hari ini, Senin, 6 Februari 2017. Penguatan bursa Asia ini dipengaruhi oleh bursa Amerika Serikat yang akhir pekan lalu ditutup naik sekitar 0,9 persen. 

Tak Jelasnya Reformasi Pajak AS, Ikut Lemahkan Saham di Asia

Jumat lalu, saham finansial AS terdongkrak setelah Presiden AS, Donald Trump, memerintahkan penyelidikan terhadap potensi pelonggaran pada regulasi perbankan dan perubahan pada Dodd Frank, yaitu undang-undang reformasi keuangan yang disahkan oleh pemerintahan Barack Obama pada 2010.

Dilansir CNBC, indeks Jepang Nikkei dibuka 0,8 persen dipimpin oleh sektor perbankan. Sementara indeks Australia ASX 200 naik 0,34 persen pada awal perdagangan. 

Mengekor Bursa Wall Street, Saham di Asia Menguat

Di bursa Australia, investor juga menanti pengumuman hasil penjualan retail bulan Desember. Saham The National Australia Bank melonjak 1,2 persen, meski melaporkan penurunan profit sebesar satu persen pada kuartal pertama.

Sementara bursa saham Korea Selatan, Kospi, naik 0,36 persen pada awal perdagangan hari ini. Sedangkan indeks mata uang dolar AS melemah terhadap keranjang mata uang utama lainnya diperdagangkan di bawah 100 yakni di 99,72. (ase)

Bursa Asia Menguat, Sambut Positif Pilpres Prancis
Pengendara sepeda di depan papan Bursa Saham Tokyo.

Saham-saham di Asia Pasifik Menguat, Terdorong Wall Street

Sentimen positif dari Uni Eropa juga turut berkontribusi.

img_title
VIVA.co.id
28 April 2017