Perbaikan Prospek Investasi Sokong IHSG Lanjutkan Penguatan

Papan indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di Bursa Efek Indonesia.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/OJT/Feronike Rumere

VIVA.co.id – Pergerakan indeks harga saham gabungan akhir pekan ini masih disokong oleh sentimen positif yang berasal dari penilaian lembaga pemeringkat internasional Moodys Investors Service terhadap perekonomian Indonesia.

IHSG Dibuka Merah, Simak Rekomendasi Saham Awal Pekan Ini

Analis PT Binaartha Securities, Reza Priyambada mengatakan, imbas dari hasil Moodys tersebut, memberikan kesempatan pada IHSG untuk berbalik menguat pada perdagangan kemarin hingga berhasil ditutup di zona hijau.

"Perkiraan kami yang sebelumnya IHSG dapat kembali melanjutkan tren pelemahan akhirnya dapat terpatahkan dengan adanya penilaian Moody’s tersebut," ujarnya di Jakarta, Jumat, 10 Februari 2017.

Dolar AS Melemah, IHSG Diprediksi Menguat Terbatas

Moodys memperbaiki prospek untuk kenaikan peringkat kemampuan bayar kredit Indonesia dari stabil menjadi positif, dan mengafirmasi peringkat layak investasi di tingkatan Baa3. 

Selain itu, katanya, turunnya kerentanan di sektor ekonomi eksternal, dan penerapan kebijakan efektif untuk menjaga reformasi struktural sekaligus membenahi fiskal dan regulasi. Di sisi lain terapresiasinya rupiah dan cenderung naiknya bursa saham Asia turut membantu menguatnya laju IHSG.

IHSG Dibuka Menghijau, Simak Rekomendasi Saham Hari Ini

Berikut saham-saham pilihan hari ini, PT Gas Negara Tbk (PGAS), PT Telekomunikasi Tbk (TLKM), PT Adhi Karya Tbk (ADHI), dan PT HM Sampoerna Tbk (HMSP).

Ilustrasi papan saham IHSG.

IHSG Dibuka Melemah, Simak Rekomendasi Saham Akhir Pekan Ini

IHSG memiliki potensi untuk kembali mengalami tekanan karena saham-saham dari sektor pertambangan dan keuangan.

img_title
VIVA.co.id
5 Maret 2021