Cincin Emas Bekas untuk Tunangan, Kenapa Tidak?

Ilustrasi Cincin Pertunangan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Ikhwan Yanuar

VIVA.co.id – Bulan Februari sering juga disebut sebagai bulan kasih sayang. Alasannya karena di bulan ini orang merayakan Hari Kasih Sayang yang jatuh pada 14 Februari. Karena momennya yang unik, Februari pun kerap digunakan sebagai waktu melamar orang terkasih.

Daftar Harga iPhone per 9 April 2024, Ada Diskon 40 Persen

Salah satu pengeluaran terbesar saat lamaran adalah cincin pertunangan. Padahal, sebagai pasangan yang berencana menikah, pengeluaran di kemudian hari pasti tidak sedikit. Untuk menghemat biaya, cincin emas bekas bisa menjadi solusi yang jitu. Berikut ini tiga alasannya seperti dikutip dari CekAja.com.

Harga perhiasan selalu terdepresiasi

Begal Sadis, Modus Ban Kempes Lalu Tikam Korbannya 9 Kali dan Rampas Emas juga Uang

Alasan mengapa investor emas menghindari perhiasan karena depresiasi. Tidak seperti emas batangan yang dibeli tanpa embel-embel biaya pembuatan yang tak kecil, perhiasan seperti cincin punya komponen ini dalam harga jualnya.

Sehingga, cincin emas akan selalu mengalami penurunan harga begitu Anda melangkah keluar dari toko perhiasan. Dengan membeli cincin emas bekas, Anda akan melewatkan biaya pembuatan yang cukup mahal.

Tas LV Berisi Uang dan Emas, Kecelakaan Maut Tol Cikampek hingga Arab Saudi Pantau Hilal

Cincin bekas selalu lebih murah

Cincin berlian misalnya, akan selalu punya harga jual yang rendah karena beberapa alasan. Salah satunya adalah pasar untuk cincin ini tidak besar. Belum lagi ukuran cincin antara orang yang satu, dan yang lain berbeda beda.

Untuk menemukan pembeli pun semakin sulit.Oleh karena itu, para penjual cincin bekas tidak akan ragu melepas cincin dengan keuntungan sedikit. Anda bisa memanfaatkan celah ini untuk mendapatkan cincin berlian dengan harga miring.

Cincin baru hanya mitos

Banyak orang tidak memilih opsi cincin bekas karena gengsi. Padahal, keharusan membeli cincin baru untuk kebutuhan pertunangan hanyalah mitos. Lagi pula tidak ada aturan dalam agama maupun adat yang mengharuskan cincin baru.

Bila Anda adalah orang yang rasional dan berniat menghemat biaya, cincin bekas adalah pilihan yang paling menguntungkan. Anda pun bisa membeli cincin bekas secara online melalui sejumlah situs jual-beli ternama di Indonesia.

Kebutuhan menikah jauh lebih penting

Meskipun momen tunangan adalah momen yang penting, Anda tidak perlu habis-habisan secara finansial. Alasannya, masih ada momen lain di hari depan yang jauh lebih penting, yakni pesta pernikahan.

Sebaiknya, investasikan uang Anda untuk momen yang ada di belakang. Pikirkan sejumlah pengeluaran seperti biaya ketering, sewa gedung dan kebutuhan-kebutuhan lain yang tentu tidak murah. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya