Harta 4 Miliarder RI Ini Setara dengan 100 Juta Orang Miskin

R. Budi & Michael Hartono orang terkaya di Indonesia
Sumber :
  • http://suarapengusaha.com

VIVA.co.id – Lembaga pemerhati sosial ekonomi Oxfam Internasional mengungkapkan, Indonesia merupakan salah satu negara yang paling tinggi ketimpangan antara si kaya dan si miskin. Bahkan, saat ini, ada empat orang super kaya yang kekayaannya setara dengan 100 juta penduduk miskin di Indonesia. 

5 Orang Terkaya di Indonesia yang Memutuskan Mualaf, Mayoritas Berdarah Tionghoa

Dilansir dari theguardian, Kamis 23 Januari 2017, catatan Oxfam, saat ini, miliuner di Indonesia meningkat dari satu pada 2002 menjadi 20 pada 2016. Dan, dipimpin oleh Budi dan Michael Hartono. 

Berdasarkan data Oxfam, Hartono bersaudara itu mengontrol US$25 miliar aset empat orang superkaya Indonesia itu. Nilainya kira-kira setara dengan 40 persen dari 250 juta pendduk di Indonesia. 

Robert Kuok Orang Terkaya di Malaysia, Beli Mall di Singapura Seharga Rp6 Triliun

" Sejak 2000, pertumbuhan ekonomi terus terdorong dari ekonomi domestik Indonesia. Namun, manfaat dari pertumbuhan ekonomi itu belum dibagi rata," ujar Oxfam dalam laporannya.   

Juru bicara Oxfam di Indonesia Dini Widiastuti mengatakan, ketimpangan di Indonesia mencapai tingkat krisis. 

Sederet Nama Konglomerat Tajir, Pemilik Hotel Mewah di Indonesia

"Jika dibiarkan, kesenjangan besar antara kaya dan miskin dapat merusak memerangi kemiskinan, memperburuk instabilitas sosial, dan menempatkan rem pada pertumbuhan ekonomi," ujarnya. (asp)

Prajogo Pangestu (kiri) bersama Hotman Paris. (foto ilustrasi)

Kala IHSG Anjlok, 'Dompet' Orang Terkaya RI Ini Justru Kian Tebal

'Dompet' Orang terkaya di Indonesia ini justru makin tebal saat indeks harga saham gabungan (IHSG) Bursa Efek Indonesia (BEI) kian anjlok.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024