Wapres Sebut Ketimpangan Bisa Bikin Goyang Negara

Wakil Presiden Jusuf Kalla
Sumber :
  • ANTARA/Siswowidodo

VIVA.co.id – Pemerintah mengatakan, saat ini, sedang fokus dalam menangani masalah kesenjangan ekonomi yang semakin lebar di Indonesia. 

Anies: Ketimpangan di Indonesia Tidak Bisa Dibiarkan, Ekstrem!

Hal tersebut ditegaskan Wakil Presiden Jusuf Kalla dalam sambutannya pada Peletakan Batu Pertama Pembangunan Gedung Center Micro Finance BRI di Universitas Hasanuddin Makassar, Senin 27 Februari 2017.

"Kita (pemerintah) saat ini, berupaya bagaimana bangsa ini maju bersama-sama dan mengurangi ketimpangan (kesenjangan ekonomi) bangsa ini. Itulah pekerjaan kita yang harus kita lakukan," kata dia.

Singgung Ketimpangan, Anies Tampilkan Foto Indonesia Timur Gelap saat Malam Hari

Menurut Kalla, jika terus dibiarkan masalah kesenjangan ekonomi yang terjadi saat ini bisa mengganggu aspek lain dalam bernegara. Hal tersebut sudah terbukti. 

"Karena, apabila terjadi kesenjangan yang besar antara yang kaya dan yang miskin, satu negara itu bisa goyang. Pengalaman banyak negara seperti itu," ucapnya menambahkan.

Bank Dunia Sebut Subsidi Energi Tak Efektif Kurangi Tingkat Kemiskinan di RI

Dia menjelaskan, pemerintah bukan ingin menekan pengusaha besar, agar jarak kesenjangan ekonomi bisa menipis. Melainkan, lebih memperhatikan pengusaha kecil menengah untuk lebih bisa membesarkan usahanya. 

"Itulah yang langkah yang harus kita perbaiki di bangsa ini. Bagaimana penguasa kecil mendapatkan akses yang lebih baik, kemudian mendidiknya kemudian mendorongnya, karena hanyalah dengan peningkatan yang kecil itu dapat meningkatkan pendapat, memperluas lapangan kerja, dan dapat membikin hormoni bangsa ini," ungkapnya.

Lebih lanjut, dia pun berharap, para pengusaha kecil bisa mendapatkan akses yang mudah dan murah yang berkelanjutan untuk menjadi usaha yang menengah hingga besar. 

"(Karena) akses yang mudah, yang murah dan sustainable dibutuhkan pengusaha kecil. Tetapi, itu bertahap, harus ada tahapannya," tuturnya. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya