Pekerjaan dengan Tingkat Stres Paling Tinggi

Ilustrasi lowongan pekerjaan di koran.
Sumber :

VIVA.co.id – Setiap pekerja memiliki tanggung jawab yang berbeda, tergantung pada profesi dan posisinya mereka di organisasi, atau perusahaan. Tanggung jawab ini pula yang turut menentukan seberapa besar tekanan yang harus mereka hadapi. 

Pekerja Kantor Rentan Alami Gangguan Kepribadian, Waspadai Sikap Ini

Umumnya, semakin besar tanggung jawab seorang pekerja, semakin besar pula tekanan dan tingkat stres yang ia rasakan. Tentu, tekanan pekerjaan adalah hal yang umum dirasakan oleh karyawan. Biasanya, tekanan tersebut bersifat sementara, atau situasional. 

Meski begitu, ada beberapa profesi yang dituntut untuk ‘akrab’ dengan tekanan dan tingkat stres tinggi. Namun, ada pula profesi-profesi yang tampaknya menyenangkan, karena cukup jauh dari stres.
 
Dilansir dari survei dan riset, platform informasi seputar perusahaan dan dunia kerja Jobplanet, Selasa 28 Februari 2017,  ada beberapa daftar profesi di Indonesia dengan tingkat stres paling tinggi dan paling rendah.

7 Trik Mengelola Kecemasan dan Stres Saat Bekerja di Wabah Corona 

Survei diikuti oleh 86 ribu responden karyawan dan pekerja melalui situs Jobplanet.com sejak Agustus 2015 hingga Januari 2017. Mereka tersebar di seluruh Indonesia dan berasal dari berbagai industri serta profesi.

Dalam riset tersebut, dianalisis tingkat stres pekerja berdasarkan penilaian mereka terhadap faktor work-life balance, atau keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan. Pekerja dengan tingkat stres paling tinggi memiliki profesi dengan rata-rata tingkat work-life balance di bawah 3,00. Sementara itu, pekerja dengan tingkat stres paling rendah memiliki profesi dengan rata-rata tingkat work-life balance di atas 3,50.
  
Sebagai informasi, work-life balance berhubungan dengan kemampuan karyawan dalam menghadapi tekanan pekerjaan, tanpa mengabaikan berbagai aspek kehidupan pribadi mereka. Besarnya tanggung jawab dan beban yang dirasakan oleh karyawan, berbanding terbalik dengan tingkat work-life balance mereka.

5 Trik Cegah Stres di Tempat Kerja

“Semakin besar tekanan dan beban pekerjaan, semakin tinggi pula tingkat stres karyawan, dan akan semakin rendah tingkat work-life balance mereka,” papar Chief Product Officer Jobplanet di Indonesia, Kemas Antonius.
 
Berdasarkan riset ini, tiga profesi paling atas dengan tingkat stres paling tinggi adalah public speaker (2,33), pengasuh anak (2,50), dan petugas kesehatan gigi (2,50). Sementara itu, tiga profesi dengan tingkat stres paling rendah adalah insinyur mikroelektronika (4,17), pengacara hak cipta (4,10), dan UI/UX developer (3,90). (asp)

Ilustrasi meditasi

3 Cara agar Meditasi Bisa Redakan Stres

Jadwal meeting yang padat dan banyak deadline, tak jarang membuat kita mudah stres. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk meredakannya adalah dengan meditasi.

img_title
VIVA.co.id
7 Maret 2022