Tax Amnesty Selesai, Ini Permintaan Sri Mulyani ke Apindo

SOSIALISASI TERAKHIR TAX AMNESTY
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA.co.id – Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati meminta para pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Pengusaha Indonesia untuk mengajak para rekan bisnisnya, yang sampai saat ini belum memanfaatkan program tax amnesty. Terutama, bagi yang selama ini tidak patuh terhadap kewajibannya.

Pengusaha Akui Pusing Nilai Tukar Rupiah Terus Melemah

“Saya mohon kepada Apindo, agar mengajak teman-temannya. Terutama, yang prominent, yang selama ini tidak bayar pajak,” kata Ani, sapaan akrab Sri Mulyani Indrawati saat ditemui di Jakarta Internasional Expo, Jakarta, Selasa 28 Februari 2017.

Berdasarkan data Direktorat Jenderal Pajak Kementerian Keuangan, jumlah Wajib Pajak (WP) yang terdaftar di otoritas pajak saat ini mencapai 32,8 juta WP. Dari jumlah tersebut, total yang sudah masuk kategori wajib melaporkan Surat Pemberitahuan Tahunan mencapai 29,3 juta WP.

Pengusaha Rogoh Kocek Lebih Dalam untuk Lembur Cuti Lebaran

Namun, tercatat hanya 12,6 juta WP yang menunaikan kewajibannya kepada negara. Sementara itu, dari jumlah tersebut, baru 682.222 WP yang memanfaatkan fasilitas tax amnesty. Ani meyakini, masih ada potensi yang masih bisa diraih di sisa akhir periode ketiga.

“Masih banyak perusahaan yang dimiliki oleh orang Indonesia. Kemarin, Oxfam merilis data ada harta yang sangat besar. Potensinya masih ada,” ujarnya.

JK Ingatkan Tujuan Pengusaha Tak Semata Cari Untung

Dengan melihat potensi yang masih tersebar luas, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu menegaskan, bahwa masih ada kesempatan bagi para pembayar pajak, yang selama ini belum patuh terhadap kewajibannya kepada negara, dengan memanfaatkan fasilitas tax amnesty.

“Masih ada kesempatan untuk menggunakan tax amnesty. Tax amnesty sukses, ini merupakan hasil karya kita semua agar menjadi negara yang maju dan makmur,” tuturnya. (asp)
 

Rapat Kerja dan Koordinasi Provinsi (Rakerkonprov) Apindo DKI Jakarta.

UMP 2019 Naik 8,03 Persen, Apindo DKI Siap Ikuti Aturan

Apindo enggan berpolemik soal UMP

img_title
VIVA.co.id
19 Oktober 2018