10 Persen Anggaran Kementerian Perhubungan untuk Papua

Kemenhub Budi Karya Sumadi
Sumber :
  • VIVA.co.id/M. Ali. Wafa

VIVA.co.id – Kementerian Perhubungan mengalokasikan 10 persen anggaran untuk pembangunan infrastruktur di Papua, sebagai implementasi program pemerataan pembangunan di wilayah Indonesia bagian timur.  

Kemenhub Tambah Kapal di Rute Panjang-Ciwandan Demi Urai Arus Balik Mudik, Catat Jadwalnya!

"Tahun ini 10 persen anggaran Kemenhub dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur di Papua dan kita mulai dengan tol laut. Oleh karenanya selain memberikan subsidi untuk masyarakat bepergian, kita juga mensubsidi angkutan barang di Papua," kata Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi dalam keterangan tertulisnya, Senin 6 Maret 2017.

Budi menjelaskan, bahwa pembangunan infrastruktur transportasi laut dan penyeberangan perlu dioptimalkan dalam mendukung konektivitas antarpulau serta angkutan barang di Papua.

Sopir Bus Dianjurkan Tak Berkendara Lebih dari 4 Jam saat Antar Pemudik

"Adanya tol laut dapat mengurangi disparitas harga antara timur dan barat. Saat ini kita sudah dapat mencapai wilayah di Timika, Merauke, Manokwari dan kita akan tingkatkan untuk dapat mencapai wilayah yang berada di ketinggian (pegunungan)," tuturnya.

Selain itu, perlu pengembangan transportasi sungai untuk dapat menuju ke daerah terpencil/terdalam di wilayah Papua.

Begini Cara Memilih Angkutan Bus yang Laik Jalan

"Mulai tahun ini distribusi barang sudah kita lakukan melalui sungai di Merauke, Timika, Asmat ke wilayah utara sehingga angkutan barang bukan hanya di daerah pantai saja tapi juga di daerah sungai sehingga harga barang akan lebih murah," ujarnya menambahkan.

Untuk itu, peran transportasi udara diperlukan dalam menghubungkan daerah-daerah terpencil di Papua. Selain itu dari segi penerbangan, Kemenhub akan membangun delapan bandara yang panjangnya lebih dari 1,000 meter jadi pesawat yang besar bisa mendarat di sana (Papua). (mus)

Presiden Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato, Gorontalo

Jokowi Resmikan Bandara Panua Pohuwato Gorontalo Senilai Rp437 Miliar

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meresmikan Bandara Panua Pohuwato di Kabupaten Pohuwato, Provinsi Gorontalo pada Senin, 22 April 2024. Menurut dia, proyek bandara ini memak

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024