Kadin: Samudera Hindia Pegang Peranan Penting Promosi Wisata

Ketum Kadin, Rosan Perkasa Roeslani.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA.co.id – Komunitas bisnis dari 21 negara-negara anggota Indian Ocean Rim Association, atau IORA telah menyepakati kemitraan, demi mencapai pertumbuhan ekonomi yang adil dan berkelanjutan bagi seluruh negara anggota. Setidaknya, ada 11 kesepakatan yang nantinya akan diimplementasikan.

Gelombang Tinggi Berpotensi Terjadi di Samudera Hindia, BMKG Minta Warga Pesisir Pantai Waspada

Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani dalam Konferensi Tingkat Tinggi IORA mengatakan, sektor jasa merupakan sektor yang paling penting untuk mencapai pertumbuhan yang berkualitas. Terutama, sektor jasa wisata laut dan pesisir.

“Wilayah Samudera Hindia memegang peranan penting dalam mempromosikan perkembangan ekonomi regional yang inklusif,” jelas Rosan, Jakarta, Selasa 7 Maret 2017.

BMKG Minta Masyarakat Waspada Cuaca Ekstrem hingga Sepekan ke Depan

Kadin Indonesia pun meminta para regulator di negara-negara anggota IORA untuk mengembangkan berbagai strategi yang mampu mengurangi ancaman dari gejolak perubahan iklim yang saat ini menghantui. Kepastian ini dibutuhkan para pelaku usaha.

“IORA harus fasilitas lintas perbatasan kapasitas untuk mengembangkan perencanaan tata ruang laut untuk menjamin pembangunan yang berkelanjutan di daerah pesisir,” katanya.

BRIN Bahas Skema Kerja Sama Riset Maritim Dengan India

Rosan pun mengaku memahami, di tengah beragam tantangan yang terjadi di dunia, masih banyak yang perlu dilakukan untuk mendukung ketahanan ekonomi di negara kawasan Samudera Hindia, agar mampu melestarikan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan.

“Kami percaya, bahwa tindakan-tindakan yang lebih besar harus diambil untuk mendorong pengembangan dan mengubah masyarakat menjadi lebih sejahtera,” ujarnya. (asp)

Ilustrasi petugas BMKG

Mayoritas Kota-kota Besar Berpotensi Hujan dampak Dua Siklon Tropis, Menurut BMKG

BMKG menyatakan keberadaan siklon tropis di kawasan utara Papua Barat dan sebelah barat Bengkulu memengaruhi kondisi cuaca mayoritas kota besar di Indonesia.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024