Industri Garap Pendidikan Vokasi dapat Pengurangan Pajak

Sorot - Pabrik PTDI
Sumber :
  • VIVA.co.id/Suparman

VIVA.co.id – Pemerintah akan mempersiapkan insentif fiskal kepada industri yang mendukung dan turut serta memfasilitasi pengembangan pendidikan vokasional.

Ingatkan Masyarakat Bayar Pajak, DJP: Tolong Jangan Jadi Free Rider

Pengembangan vokasi, memang saat ini menjadi kebijakan yang didorong untuk membentuk sumber daya manusia yang berkualitas.

Direktur Jenderal Industri, Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika Kementerian Perindustrian, I Gusti Putu Suryawiryawan mengungkapkan, rencana untuk memberikan insentif fiskal berupa tax allowance kepada industri yang mendukung pendidikan vokasional sampai saat ini masih dalam kajian.

Dulu Beli Holden, Kini Mobil Buatan RI Siap Dijual ke Australia

Namun, sampai saat ini belum ada tenggat waktu pasti yang ditetapkan untuk memfinalisasi rencana tersebut. Hasil kajian dari Kemenperin, kata Putu, nantinya akan di bawa ke Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati untuk kembal ditindaklanjuti, apakah memang diperlukan adanya insentif tax allowance.

"Mulai kapannya kami belum tahu. Kalau insentif pajak yang memutuskan dari Kementerian Keuangan. Jadi, kami belum tahu," kata Putu, Jakarta, Rabu 8 Maret 2017.

Ancaman Sri Mulyani Bagi Wajib Pajak yang Tak Membayar Kewajiban

Tax allowance merupakan salah satu insentif berupa pemotongan pajak yang diberikan pemerintah untuk suatu kepentingan tertentu. Dengan kata lain, fasilitas ini akan mengurangi basis pengenaan pajak untuk bidang usaha yang selama ini telah disetorkan kepada negara.

Putu mengatakan, pemerintah bersama pemangku kepentingan terkait masih mengkaji kriteria pelaku industri mana saja yang nantinya berhak mendapatkan fasilitas fiskal tersebut. Namun, Putu mengakui, hal ini akan tetap bergantung pada keputusan akhir di bendahara negara.

"Kriteria untuk mendapatkan tax allowance, kami akan masukan pendidikan vokasi sebagai kriteria untuk mendapatkan," ujar Putu. (asp)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya