RI Tempati Peringkat 32 dalam Indeks Pengusaha Wanita

Program Edukasi dan Kewirausahaan
Sumber :
  • VIVA.co.id/Anhar Rizki Affandi

VIVA.co.id – Kewirausahaan wanita seringkali dibangun berdasarkan pada kebutuhan dan kegigihan. Namun kondisi pendukung yang kuat seperti akses kepada layanan keuangan dan kemudahan dalam menjalankan wirausaha dapat membuka jalan bagi pengusaha wanita untuk terus berkembang.
 
Mastercard merilis peringkat negara-negara berdasarkan indeks pengusaha wanita, Mastercard Index of Women Entrepreneurs, pada hari ini Kamis 9 Maret 2017. Mastercard melakukan survei terhadap 54 negara, di mana wirausaha wanita dapat berkembang pesat. 
 
Secara keseluruhan, negara maju menduduki peringkat teratas dalam indeks tersebut, dipimpin oleh Selandia Baru, Kanada, dan Amerika Serikat. Negara-negara ini memiliki kondisi terkuat yang mendukung kepemilikan usaha dari wanita, seperti komunitas usaha kecil dan menengah yang kuat, pemerintahan yang berkualitas tinggi, serta kemudahan dalam menjalankan wirausaha.
 
Sementara, Mastercard mengungkap bahwa Indonesia meraih nilai indeks 61,2 dan menempati peringkat ke-32 diantara 54 negara yang disurvei secara global. Persentase pengusaha wanita di Indonesia sebanyak 23,8 persen.  

Irish Bella Ajak Wanita Indonesia Wujudkan Hidup Lebih Baik

Disebutkan Indonesia masih tersedia peluang cukup besar bagi para pengusaha wanita lainnya untuk berpartisipasi dalam mendukung pertumbuhan jumlah wirausaha wanita ke depannya.
 
Berikut peringkat 10 besar indeks pengusaha wanita dari Mastercard, dengan kondisi pendukung terkuat dan peluang bagi wanita untuk berkembang sebagai pemilik wirausaha:
 
1. Selandia Baru – 74,4
2. Kanada – 72,4
3. Amerika Serikat – 69,9
4. Swedia – 69,6
5. Singapura – 69,5
6. Belgia – 69,0
7. Australia – 68,5
8. Filipina – 68,4
9. Inggris – 67,9
10. Thailand – 67,5

Tantry Kintan Wiradiredja, wirausahawan wanita.

Perjalanan Tantry Kintan, Sukses Bangun Bisnis Beauty Meski Sibuk Urus Rumah Tangga

Kesuksesan Kintan tidak datang dengan mudah. Sebagai seorang womenpreneur yang aktif dan berkomitmen tinggi dalam bisnisnya, Kintan juga harus membagi waktu.

img_title
VIVA.co.id
4 Juli 2023